Breaking News:

Ditpolair Polda Kalbar Amankan Satu Tersangka Beserta Ribuan Batang Kayu Diduga Ilegal

sekitar kurang lebih 2390 keping kayu olahan dan 41 batang kayu bulat Illegal yang berjenis kayu mahang, kayu cempedak air dan kayu Gawang

Penulis: Ridho Panji Pradana | Editor: Jamadin
ISTIMEWA
Satu diantara anggota Ditpolair Polda Kalbar menujukan kayu ilegal yang berhasil diamankan saat menyusuri perairan Dusun Sedayu, Kecamatan Sungai Raya, Kubu Raya, Rabu (3/1/2018) 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Ridho Panji Pradana

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Dit pol air Polda Kalbar berhasil mengamankan satu tersangka dengan inisial US dan berhasil menyita ribuan keping dan puluhan batang kayu yang diduga illegal saat menyusuri perairan Dusun Sedayu, Kecamatan Sungai Raya, Kubu Raya, Rabu, (3/1/2018).

Dir Polair Polda Kalbar Kombes Pol Alex Fauzi Rasad melalui Kasubdit Gakkum Ditpolair Polda Kalbar AKBP Gusti Maychandra menuturkan, hal ini terungkap saat personilnya menyusuri perairan dusun Sedayu, Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya.

Pihaknya menemukan sekitar kurang lebih 2390 keping kayu olahan dan 41 batang kayu bulat Illegal yang berjenis kayu mahang, kayu cempedak air dan kayu Gawang.

(Baca: Curi Uang Infak dan Barang Lainnya, Dua Pria Ini di Ciduk Polisi )

"Dari pengembangan yang kita lakukan, tersangka mendapatkan kayu dari hutan yang tidak dilengkapi dengan Surat Keterangan Sahnya Hasil Hutan Kayu ( SKSHK)," katanya, Jum'at (5/1/2018).

Ia pun menuturkan, tersangka saat ini sudah diamankan di Ditpolair Polda Kalbar dan barang bukti telah di amankan di Marnit Suka Lanting Pol Air Polda Kalbar.

(Baca: Kasihan! Diduga Terkena Tumor di Paha, Bocah Perempuan Ini Menangis Kesakitan )

Dari penanganan kasus ini, lanjutnya, tersangka akan dikenakan dengan pasal 83 ayat 1 huruf e, junto pasal 12 huruf b. UU nomor 18 tahun 2013 tentang pencegahan dan pemberantasan pengrusakan hutan.

"Dengan ancaman pidana kurang lebih 5 tahun penjara dan denda 2,5 Miliar," pungkasnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved