Realisasi Pajak dan Retribusi Daerah Kubu Raya Lampaui Target

Dari target sebesar Rp 88,95 Miliar, realisasi pajak yang berhasil diterima oleh Pemkab Kubu Raya adalah sebesar Rp 112,90 Miliar.

Realisasi Pajak dan Retribusi Daerah Kubu Raya Lampaui Target
Shutterstock
Ilustrasi. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Adelbertus Cahyono

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KUBU RAYA - Pendapatan Pajak dan Retribusi Daerah Pemerintah Kabupaten Kubu Raya Tahun Anggaran 2017 melampaui target yang ditetapkan.

Kepala BPPRD Kab.Kubu Raya, Supriaji mengatakan, realisasi pajak itu juga mengalami peningkatan yang cukup signifikan dibandingkan tahun sebelumnya.

Dari target sebesar Rp 88,95 Miliar, realisasi pajak yang berhasil diterima oleh Pemkab Kubu Raya adalah sebesar Rp 112,90 Miliar.

Baca: Warga Sepauk Ditemukan Gantung Diri, Korban Sempat Tulis Pesan, Fakta Dibaliknya Bikin Merinding!

"Realisasinya sebesar 126,94 persen," katanya, Senin (1/1/2017).

Adapun, Pendapatan Asli Daerah (PAD) itu antara lain bersumber dari Pajak Hotel, Pajak Hiburan, Pajak Restoran, Pajak Reklame, Pajak Penerangan Jalan, Pajak Mineral Bukan Logam dan Batuan, Pajak Parkir, Pajak Air Tanah, Pajak Sarang Burung Walet, Pajak Bumi dan Bangunan, serta BPHTB.

Baca: Lie Chu Tewas di Tangan Kekasih, Inilah Foto-foto Semasa Hidupnya

Sementara, untuk Retribusi Daerah, katanya, total jumlah yang berhasil terealisasi adalah sebesar 141,28 persen atau Rp 10,89 Miliar dari target sebesar Rp 7,71 miliar.

"Dari realisasi penerimaan retribusi daerah, didominasi oleh jenis penerimaan retribusi Izin Mendirikan Bangunan (IMB) yang mecapai 172,36 persen atau Rp 9,86 Miliar dari yang ditargetkan sebesar Rp 5,72 Miliar," ungkapnya.

Dia menyebut keberhasilan pencapaian itu merupakan dampak dari pelayanan perizinan yang dilaksanakan secara terpadu oleh beberapa SKPD terkait.

"Rata-rata realisasi pajak dan retribusi daerah Pemkab Kubu Raya Tahun Anggaran 2017 adalah 134,11 persen," tutupnya.

Penulis: Adelbertus Cahyono
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved