Kurang Syarat, Calon Perseorangan Wajib Serahkan Dukungan Cadangan Dua Kali Lipat Dari Kekurangan

Verifikasi faktual dilakukan untuk mengetahui kebenaran di lapangan. Apakah mendukung pasangan calon atau tidak, serta mencocokkan data.

Kurang Syarat, Calon Perseorangan Wajib Serahkan Dukungan Cadangan Dua Kali Lipat Dari Kekurangan
Logo KPU 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak Rizky Prabowo Rahino

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Anggota Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Barat Delpinus menerangkan sesuai jadwal yang ditetapkan oleh KPU, syarat dukungan calon perseorangan diverifikasi faktual oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) selama 14 hari, terhitung tanggal 12-25 Desember 2017.

"Verifikasi faktual dilakukan untuk mengetahui kebenaran di lapangan. Apakah mendukung pasangan calon atau tidak, serta mencocokkan data," ungkapnya.

Delpinus menegaskan jika ternyata verifikasi faktual mendapat hasil syarat dukungan kurang. Maka, bakal pasangan calon (bapaslon) Gubernur dan Wakil Gubernur jalur independen masih bisa ikut pencalonan.

"Namun, ketentuannya adalah bapaslon wajib menyerahkan syarat dukungan sebanyak dua kali lipat dari jumlah kekurangan atau syarat dukungan yang Tidak Memenuhi Syarat (TMS)," terangnya.

Pendaftaran resmi bapaslon Gubernur-Wakil Gubernur perseorangan maupun partai politik dijadwalkan pada 8-10 Januari 2018.

"Calon perseorangan yang syarat dukungannya kurang masih bisa daftar. Serahkan dua kali lipat syarat dukungan dari jumlah kekurangan. Nanti kan ada verifikasi lagi. Jika misalnya masih tidak memenuhi syarat dukungan kekurangan, maka pencalonannya gugur," tukasnya.

Penulis: Rizky Prabowo Rahino
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved