Tugboat dan Tongkang Tujuan Pekanbaru Diamankan Ditpolair Polda Kalbar, Ini Penyebabnya

Kapal pun l tiba di perairan tanjung mati kecamatan Kendawangan kabupaten Ketapang pada Jumat (15/12/2017) dan kemudian lego jangkar.

Tugboat dan Tongkang Tujuan Pekanbaru Diamankan Ditpolair Polda Kalbar, Ini Penyebabnya
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ ISTIMEWA
Tugboat dan Tongkang Tujuan Pekanbaru yang Diamankan Ditpolair Polda Kalbar di perairan Kendawangan, Ketapang, Sabtu (23/12/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Ridho Panji Pradana

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Dit Pol Air Polda Kalbar berhasil mengamankan TB. TMS-8 dan TKG Indo sukses II pada Sabtu (23/12/2017).

Muatan tongkang kayu acasia tersebut di duga melanggar tindak pidana Pelayaran.

Dir Pol Air Polda Kalbar Kombes Alex Fauzi Rasad melalui Kasubdit Gakkum AKBP Gusti Maychandra menuturkan kapal tersebut awalnya berlayar dari Samarinda pada Senin (04/12/2017).

Baca: Penemuan Mayat Perempuan di Kapuas Hulu, Kapolres Ungkap Fakta Baru

Namun, pada saat berada di selat karimata, mesin kapal mengalami kerusakan sehingga nakhoda melakukan deviasi (alih rute) ke Kendanwangan, Ketapang Kalbar, yang awal tujuanya adalah Pekanbaru.

Kapal pun l tiba di perairan tanjung mati kecamatan Kendawangan kabupaten Ketapang pada jumat (15/12/2017) dan kemudian lego jangkar.

Baca: Heboh! Penemuan Mayat Perempuan di Kapuas Hulu

"Muatan tongkang dan Dokumen cargo kayu acasia diduga melebihi kapasitas muatan (over draff)," katanya, Rabu (27/12/2017).

Ia pun mengatakan, adapun Pasal yang dilanggar Pasal 302 jo pasal 117 ayat 1 huruf d UU No. 17 tahun 2008 tentang pelayaran dengan ancaman pidana 3 tahun dan denda Rp. 400 jt.

"Nahkoda dan 8 Abk di amankan di markas unit Patroli kendawangan guna proses lebih lanjut," pungkasnya. 

Penulis: Ridho Panji Pradana
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved