Jadi Tuan Rumah Simposium Israel Palestina, Akankah China Jadi Mediator Internasional Gantikan AS?

Seorang pejabat tinggi Palestina telah mendesak China untuk mengambil alih peran mediator internasional

Jadi Tuan Rumah Simposium Israel Palestina, Akankah China Jadi Mediator Internasional Gantikan AS?
AP
Penasihat Urusan Luar Negeri Presiden Palestina Nabil Shaath 

TRIBUNPOTIANAK.CO.ID -- Seorang pejabat tinggi Palestina telah mendesak China untuk mengambil alih peran mediator internasional dalam perundingan perdamaian Timur Tengah.

Simposium perdamaian Palestina dan Israel itu adalah inisiatif yang digagas oleh Presiden Xi Jinping dan Presiden Palestina, Mahmoud Abbas pada Juli.

Hal ini diungkapkan setelah Beijing baru-baru ini mengadakan simposium Israel-Palestina di tengah kegemparan global mengenai keputusan sepihak AS Donald Trump untuk mengakui Yerusalem sebagai ibukota Israel.

"China berkualifikasi tinggi untuk perannya dalam proses perdamaian Palestina-Israel," kata Penasihat Urusan Luar Negeri Presiden Palestina, Nabil Shaath kepada News CGTN, setelah menghadiri simposium ke-3 untuk pendukung perdamaian Palestina dan Israel di Beijing pekan lalu.

Baca: Rumah Warga di Kendawangan Roboh Diterjang Ombak, FPRK Minta Perusahaan Tanggung Jawab!

"Tidak satu pun dari kedua kubu [Israel dan Palestina] dapat menolak peran penting China," kata Shaath.

Dia dan koleganya yang lain berada di Beijing pada dasarnya untuk mengundang China menjadi peserta mekanisme internasional yang mendukung proses perdamaian.

Dia menambahkan bahwa simposium itu sangat berguna untuk menghasilkan gagasan yang dapat membantu China dalam perannya sebagai mediator internasional dalam proses ini.

Presiden Palestina Mahmoud Abbas secara terbuka menolak AS sebagai mediator dalam proses perdamaian Timur Tengah menyusul keputusan kontroversial Trump.

Hal ini menambah spekulasi mengenai apakah China memang akan menggantikan AS sebagai mediator kunci dalam konflik Timur Tengah.

Halaman
123
Penulis: Rika Apriyanti
Editor: Rika Apriyanti
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved