Komunitas Membaca di Kalbar yang Ingin Dapat Bantuan Buku Wajib Baca Ini

Dia mengatakan Perpusnas akan menyalurkan buku jika memang komunitas berhak mendapatkannya. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi.

Komunitas Membaca di Kalbar yang Ingin Dapat Bantuan Buku Wajib Baca Ini
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/CLAUDIA LIBERANI
Komunitas Membaca di Kalbar memiliki kesempatan untuk mendapatkan bantuan buku dari Perpustakaan Nasional, caranya dengan mengirimkan proposal bantuan buku, sayangnya bantuan ini belum terserap dengan baik. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Claudia Liberani

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Dalam kunjungannya ke Kalbar bulan November lalu, Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, Muhammad Syarif Bando mengatakan siap membantu menyalurkan 10 paket buku yang berisi 5.000 eksemplar kepada komunitas-komunitas membaca yang ada di Kalbar supaya minat membaca masyarakat Kalbar semakin meningkat sehingga SDM menjadi lebih baik.

Namun sayangnya belum banyak komunitas yang memanfaatkan kesempatan tersebut, hal ini disampaikan Kasubag TU unit pelayanan perpustakaan daerah Kalbar, Ida Antariksani, Rabu (13/12/2017).

Padahal menurutnya untuk mendapatkan bantuan buku dari Perpustakaan Nasional tidaklah rumit.

"Silakan membuat proposal dan mengirimkannya ke Perpustakaan Nasional, perpustakaan daerah akan membantu dengan memberikan surat rekomendasi," katanya.

Dia mengatakan Perpusnas akan menyalurkan buku jika memang komunitas berhak mendapatkannya. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk mendapatkan bantuan buku.

"Komunitas memang memiliki tempat yang bisa dijadikan tempat untuk menyimpan buku, kemudian kegiatan menyebarkan minat membaca telah dilakukan secara aktif, sebaiknya bukti diberikan melalui foto dan dilampirkan ketika mengirimkan proposal," paparnya.

Proposal kemudian dikirim ke Kepala Perpustakaan Nasional RI melalui Kepala Pusat Pengembangan Perpustakaan dan Pengkajian Minat Baca. Jl. Salemba Raya 28A Jakarta Pusat.

Penulis: Muzammilul Abrori
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved