Dampingi UMKM, Bussiness Development Services Akan Jangkau Seluruh Kabupaten/Kota

Setelah terbentuk korwil Asosiasi Bussiness Development Services Indonesia (ABDSI), kini pengurus ABDSI Kota Pontianak resmi terbentuk.

Dampingi UMKM, Bussiness Development Services Akan Jangkau Seluruh Kabupaten/Kota
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/MASKARTINI
Peserta antusias mengikuti praktek Seminar Nasional Motret Pake Hape oleh fotografer profesional sekaligus trainer Andi Agustian. 

Laporan Wartawati Tribun Pontianak, Maskartini

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Setelah terbentuk korwil Asosiasi Bussiness Development Services Indonesia (ABDSI), kini pengurus ABDSI Kota Pontianak resmi terbentuk.

Ketua Asosiasi Bussiness Development Services Indonesia (ABDSI) Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) Muhammad Fahmi mengatakan kedepannya akan menyusul beberapa kabupaten kota lainnya.

"ABDSI yang merupakan pendamping UMKM ada di seluruh kabupaten, kota dan provinsi. Tujuannya adalah mendampingi pelaku usaha, khususnya UMKM untuk lebih berdaya atau menjadi UMKM naik kelas. Sementara yang sudah digelar pelatihan ada dua Kubu Raya dan Kota Pontianak, InsaAllah dalam 2017 kita akan kejar Sambas dan Singkawang. Sementara untuk kabupaten kota yang lain, InsaAllah kita latih pada awal 2018 mendatang," ujar Fahmi pada Selasa (12/12/2017).

(Baca: Dorong UMKM Naik Kelas, ABDSI Fasilitasi Packaging Hingga Promosi )

Pendamping di ABDSI kata Fahmi benar-benar merupakan pendamping yang mempunyai komitmen dalam membantu pelaku UMKM. Selain mendampingi mereka juga merupakan bagian dari pelaku usaha.

Ia pun mengatakan diperlukan pelatihan dalam rangka memberdayakan UMKM seperti pelantikan yang dirangkai dengan Seminar Nasional Motret Pake Hape oleh fotografer profesional sekaligus trainer Andi Agustian.

Era digital sendiri kata Fahmi merupakan suatu keniscahyaan, sehingga pelaku UMKM harus memanfaatkan teknologi yang ada.

"Misalnya punya handphone tetapi punya fasilitas untuk foto, tinggal diajarkan seperti ini teknik foto dengan handphone dari ahli dibidangnya. Kesan pertama untuk sebuah produk penting sehingga harus dikelola dengan serius dan maksimal," ujarnya.

Penulis: Maskartini
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved