130 Pengurus Masjid Ikuti Pelatihan Khatib dan Imam

Menurutnya khatib dan imam selalu berhadapan langsung dengan masyarakat dalam berbagai persoalan yang terkait pembinaan umat.

130 Pengurus Masjid Ikuti Pelatihan Khatib dan Imam
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ HAMDAN
Wakil Bupati Mempawah Gusti Ramlana saat memberikan sambutan kepada 130 Peserta Pelatihan Khatib dan Imam di Wisma Chandramidi Mempawah. Selasa (5/12/2017) 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Hamdan

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, MEMPAWAH – Sebanyak 130 peserta Pengurus Masjid, Penyuluh KUA dan pengurus Dewan Masjid Indonesia (DMI) Mempawah mengikuti pelatihan kapasitas khatib dan Imam. Selasa (5/12/2017).

Wakil Bupati Gusti Ramlana mengatakan pelatihan tersebut untuk memberikan pemahaman tentang pelaksanaan syariat Islam dan meningkatkan peran khatib dan imam dalam pembinaan spiritualitas masyarakat.

(Baca: Kemenag Mempawah Apresiasi Pelatihan Imam dan Khatib yang Digelar Dewan Masjid )

“Pelatihan bagi khatib dan imam sangat bermanfaat. Mengingat peran dan kedudukan kedua pemuka agama tersebut yang selalu berinteraksi dengan masyarakat dalam kegiatan-kegiatannya,”ujarnya.

Menurutnya khatib dan imam selalu berhadapan langsung dengan masyarakat dalam berbagai persoalan yang terkait pembinaan umat. 

(Baca: Tahun 2018, Seluruh Desa di Kabupaten Sintang Ditargetkan Teraliri Listrik )

Terlebih di tengah kemunculan berbagai fenomena penyimpangan ajaran agama oleh pihak-pihak tertentu.

“Tugas dan tanggung jawab para khatib dan imam masjid dalam menangani berbagai isu agar dapat diselesaikan dengan baik, ucapnya.

Imam dan khatib dapat bersinergi dalam menjaga akidah umat.

“khatib dan imam diharapkan juga bisa menjadi saluran informasi bagi masyarakat tentang berbagai kebijakan dan program-program pemerintah,” ujarnya.

Ramlana juga menilai pendidikan dan pembinaan umat melalui khutbah dan ceramah adalah satu di antara aksi penting untuk meningkatkan wawasan keislaman bagi masyarakat. 

Penulis: Hamdan Darsani
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved