Peringati hari Difable Internasional, Satlantas Kenalkan Rambu-rambu di SLB

Kita berkewajiban untuk menyampaikan informasi kepada setiap siswa, karena semua berhak untuk tahu.

Peringati hari Difable Internasional, Satlantas Kenalkan Rambu-rambu di SLB
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/TRY JULIANSYAH
IPDA Jamian saat memberikan pemahaman mengenai rambu-rambu lalulintas kepada murid SLBB Dharma Miranti, Senin (4/12). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Try Juliansyah

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINGKAWANG - Memperingati Hari Disabilitas Internasional (HDI) yang jatuh pada 3 Desember, Unit pendidikan dan rekayasa lalulintas Polres Singkawang memberikan edukasi rambu-rambu dan tertib berlalu lintas bagi siswa SLLB Dharma Miranti di Jl Firdaus Singkawang, Senin (4/12/2017).

Kanit Dikyasa satlantas Polres Singkawang, IPDA Jamian, dibantu oleh dua orang siswa SLB dalam mengkomunikasikan informasi mengenai rambu kepada siswa yang mengikuti kelas Dikyasa tersebut.

"Kita berkewajiban untuk menyampaikan informasi kepada setiap siswa, karena semua berhak untuk tahu. Termasuk bagi siswa di sekolah luar biasa ini untuk mengenal rambu-rambu lalu lintas," ujar Jamian.

Ia berharap usai mendapatkan bekal informasi ini, para siswa berkebutuhan khusus ini dapat mengerti makna rambu-rambu.

"Tujuannya, setidaknya ketika mereka berada dijalan raya misalnya saat dibonceng oleh sanak kerabat mereka tetap mengutamakan keselamatan berlalulintas, seperti mengenakan helm dan lain sebagainya. Selain itu agar suatu saat nanti adik-adik kita ini tidak menjadi korban ataupun pelaku dari pelanggaran lalu lintas," lanjutnya.

Ia juga mengakui pihaknya telah pernah mengeluarkan SIM D untuk warga Difabel. Tentu saja ini dikeluarkan sepanjang dapat cakap dalam berkendara dan memiliki surat keterangan.

"kita patokannya surat keterangan dari dokter, dan jika memang telah memenuhi syarat bisa saka kita keluarga SIM untuk mereka ini," tuturnya.

Penulis: Try Juliansyah
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved