Bursa Efek Indonesia Dorong Perusahaan Daerah IPO

Hal tersebut membuat Kota Pontianak menjadi salah satu kota yang menjadi target

Bursa Efek Indonesia Dorong Perusahaan Daerah IPO
KONTAN
Bursa Efek Indonesia 

Laporan Wartawati Tribun Pontianak, Maskartini

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Kepala Pengembangan Emiten Bursa Efek Indonesia (BEI), Umi Kulsum mengatakan Pontianak merupakan kota berpotensi.

Hal tersebut membuat Kota Pontianak menjadi salah satu kota yang menjadi target sosialisasi dalam rangka memperkenalkan peluang pendanaan pasar modal.

"Pasar modal mempunyai dua sisi selain menawarkan investor yang memiliki kelebihan dananya untuk berinvestasi, pasar modal juga menawarkan pendanaan kepada pelaku bisnis, selain yang bersumber dari pendanaan perbankan yaitu dari pasar modal," ujar Umi saat ke Pontianak.

(Baca: Bocah Ini Jadi Tumbal Ritual Sekte Pemuja Setan, Kondisi Jasadnya Mengerikan! )

Sejauh ini ia mengatakan kredit perbankan sangat dikenal namun untuk pendanaan dari pasar modal masih perlu pengenalan.

Harapannya ada perubahan yang initial public offering (IPO) adalah penjualan pertama saham umum sebuah perusahaan kepada investor umum.

Perusahaan yang IPO akan menerbitkan hanya saham-saham pertama, namun bisa juga menawarkan saham kedua.

"Seperti IPO, go public masih masih perlu awareness. Untuk IPO sendiri prosesnya memang harus melalui pelaporan kinerja yang akuntabel," ujarnya.

(Baca: PLN Siap Amankan Pasokan Listrik Jelang Natal dan Tahun Baru )

Pontianak kata Umi termasuk kota yang istimewa karena beberapa perusahaan besar di Jakarta berasal dari Kalimantan Barat.

"Sehingga saya melihat masih banyak potensi yang lain di Kalbar. Perusahaan yang sudah bisa mendapatkan pendanaan atau dana segar cukup potensi disini," ujarnya.

Selain itu banyak manfaat lain yang didapatkan kata Umi dari perusahaan yang go public.

"Meskipun laporan keuangan diaudit harus akuntabel, namun justru hal tersebut bisa menghindari seperti penyimpangan. Karyawan akan lebih terpacu untuk memberikan kinerja terbaik. Perusahaan yang go public menjual saham kepada investor, lebih dari itu perusahaan akan dikenal dan semakin eksis," ujarnya.

Penulis: Maskartini
Editor: Nasaruddin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved