Kedepan Buat NPWP Cukup Via Aplikasi Gojek, Simak Penjelasan Nurbaeti

Jenis SPT yang dapat disampaikan melalui Penyedia Jasa Aplikasi adalah seluruh jenis SPT meliputi SPT Tahunan, SPT Masa, dan SPT Tahunan Penundaan.

Kedepan Buat NPWP Cukup Via Aplikasi Gojek, Simak Penjelasan Nurbaeti
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID / MASKARTINI
Kepala Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama, Nurbaeti Munawaroh 

Laporan Wartawati Tribun Pontianak, Maskartini

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak berencana menjadikan perusahaan transportasi berbasis aplikasi, Go-Jek, menjadi perpanjangan tangan petugas pajak.

Rencana ini pun nampaknya semakin dekat lantaran tahun ini para mitra atau merchant dapat mendaftar Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) melalui aplikasi Go-Jek.

Kepala Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama, Nurbaeti Munawaroh membenarkan berkaitan dengan rencana perusahaan transportasi berbasis aplikasi, Go-Jek yang akan menjadi perpanjangan tangan Ditjen Pajak.

Gojek Indonesia kata Nurbaety akan menjadi salah satu dari beberapa perusahaan penyedia jasa aplikasi atau Aplication Service Provider (ASP), sama seperti perusahaan-perusahaan ASP lainnya.

(Baca: Wabup Minta Masyarakat Berperan Aktif Jaga Lingkungan )

"Hampir lebih dari sepuluh tahun Ditjen Pajak telah bekerja sama dengan beberapa perusahaan seperti PT Mitra Pajakku, Laporanpajak.com, PT Sarana Prima Telematika, dan PT Bank BRI. Gojek akan menjadi perpanjangan tangan atau 'jembatan' bagi Ditjen Pajak untuk menerima pembuatan NPWP dan pelaporan SPT tahunan maupun Masa secara elektronik," terang Nurbaeti pada Senin (27/11/2017).

Sebagai contoh kata Nurbaety penyampaian SPT secara e-filing melalui Penyedia Jasa Aplikasi, yang dapat memanfaatkan adalah Wajib Pajak Badan atau Wajib Pajak Orang Pribadi sebagaimana diatur dalam PER - 01/PJ/2017 Tentang Penyampaian Surat Pemberitahuan Elektronik. Namun untuk realisasinya sendiri diakui Nurbaeti menunggu informasi dari Kantor Pusat.

Jenis SPT yang dapat disampaikan melalui Penyedia Jasa Aplikasi adalah seluruh jenis SPT meliputi SPT Tahunan, SPT Masa, dan SPT Tahunan Penundaan.

"ASP ini nanti bisa mengintegrasikan layanan DJP dengan aplikasi lain yang dibangun, tentunya aplikasi yang sesuai kebutuhan si pengguna, jadi DJP hanya membuka semua service layanan via API gateway kepada ASP," ujarnya. 

Penulis: Maskartini
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved