Panwaslu Ajak Masyarakat Partisipasi Awasi Proses Pemilu

Peran warga negara dalam pengawasan pemilu sangat penting. Karena untuk mewujudkan penyelenggaraan pemilu yang baik.

Panwaslu Ajak Masyarakat Partisipasi Awasi Proses Pemilu
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/SAHIRUL HAKIM
Suasana sosialisasi pengawasan Pemilu partisipasi dalam rangka pemilihan umum, DPR, DPD, dan DRPD serta pemilihan umum Presiden dan Wakil Presiden tahun 2019, di Aula DBP Bank Kalbar. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Sahirul Hakim

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KAPUAS HULU - Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Kapuas Hulu mengelar sosialisasi pengawasan Pemilu partisipasi dalam rangka pemilihan umum, DPR, DPD, dan DRPD serta pemilihan umum Presiden dan Wakil Presiden tahun 2019, di Aula DBP Bank Kalbar, Kamis (16/11/2017).

Ketua Panwaslu Kapuas Hulu, Mustaan menyatakan, peran warga negara dalam pengawasan pemilu sangat penting. Karena untuk mewujudkan penyelenggaraan pemilu yang baik.

"Apabila mendapatkan pengawasan serta dukungan dari warga proses pemilu akan berjalan dengan baik," ucapnya.

(Baca: Polres Kapuas Hulu Sosialisasikan Penerimaan Anggota Polri )

Selain itu jelas Mustaan, mengingat masih banyaknya masyarakat yang belum memahami hak, dan kewajiban dalam partisipanya sebagai warga negara.

"Minimnya kesadaran hak, dan kewajiban politik itu, mengakibatkan respon masyarakat dalam proses politik masih belum maksimal," ujarnya.

Maka penting bagi Bawaslu melakukan identifikasi terhadap banyaknya forum.warga yang eksis di masyarakat. Identifikasi itu kemudian ditindaklanjuti dengan menjalin kerja sama dalam pengawasan pemilu.

"Fungsi kerjasama ini tidak hanya dapat memperkuat kapasitas pengawasan, tetapi juga mendorong perlibatan warga yang lebih luas dalam pengawasan penyelenggaraan pemlu," ungkapnya.

Ketua Panitia, Zamiatul Subhi menyatakan, tujuan dari kegiatan tidak ada lainya adalah, memberikan pendidikan dan pengawasan untuk pemilih terhadap pemilu DPR, DPD, dan DPRD, serta Pilpres.

"Partipiasi masyarakat dalam mengawasi pemilu tahun 2019, supaya mewujudkan situasi yang aman dan lancar. Sehingga terciptakan pemilu yang diharapkan semua pihak," ungkapnya.

Penulis: Sahirul Hakim
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved