Awas! Bahaya HIV/AIDS Bisa Menyerang Seluruh Anggota Keluarga

Frederika Cornelis mengungkapkan, salah satu bahaya virus HIV/AIDS adalah dapat menyerang seluruh anggota keluarga.

Awas! Bahaya HIV/AIDS Bisa Menyerang Seluruh Anggota Keluarga
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ADELBERTUS CAHYONO
Ketua Tim Penggerak PKK Kalbar, Frederika Cornelis berfoto bersama dengan seluruh peserta Lokakarya Tim Penggerak Pkk Kalbar dalam upaya Penanggulangan dan Pencegahan HIV/AIDS di Hotel Orchardz, Jalan Perdana, Pontianak, Rabu (15/11/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Adelbertus Cahyono

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Ketua Tim Penggerak PKK Kalbar, Frederika Cornelis mengungkapkan, salah satu bahaya virus HIV/AIDS adalah dapat menyerang seluruh anggota keluarga.

Oleh sebab itu, ia menegaskan kepada seluruh masyarakat Kalbar agar memiliki komitmen untuk hidup sehat jika tidak ingin terserang virus mematikan itu.

"Misalnya ibunya ini memakai (narkoba), dia harus berjanji bahwa dia tidak mau lagi, karena efeknya itu tadi, dengan suami dan anak bisa kena," tegasnya saat membuka Lokakarya Tim Penggerak Pkk Kalbar dalam upaya Penanggulangan dan Pencegahan HIV/AIDS di Hotel Orchardz, Jalan Perdana, Pontianak, Rabu (15/11/2017).

(Baca: HIV/AIDS Incar Pelaku Seks Bebas, Ini Cara Tepat Agar Tak Terjerumus )

Menurut Frederika, PKK memiliki posisi yang cukup strategis untuk membantu pemerintah menanggulangi HIV/AIDS, sebab program yang dicanangkan PKK seringkali bersentuhan langsung dengan masyarakat.

"Jadi tidak hanya di atas, tapi kami berjenjang, dan biasanya juga PKK Provinsi langsung ke bawah (masyarakat)," ungkapnya.

PKK Kalbar, lanjutnya, selama ini sudah sering melakukan penyuluhan akan bahaya seks bebas kepada masyarakat, hal tersebut dinilainya sangat penting guna menciptakan kesadaran di tengah masyarakat agar terhindar dari HIV/AIDS.

"Masyarakat jangan hanya mendengar sosialisasi, pasti tidak akan berhasil, tapi kalau dia sudah sadar dari dirinya sendiri saya rasa hal ini bisa kita tangani," ujarnya.

Melalui lokakarya itu, ia berharap seluruh ketua PKK dari masing-masing kabupaten lebih gencar mengajak seluruh anggotanya untuk ikut serta menanggulangi HIV/AIDS di tengah masyarakat.

"Kita kan sudah sampaikan di sini kepada masing-masing perwakilan dari daerah, sekarang kita minta mereka yang melanjutkan program itu," tutupnya.

Penulis: Adelbertus Cahyono
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved