Satpol PP Akan Segera Bentuk Pokmas di Kecamatan

Kita sudah ada wacana kedepan, akan membentuk kelompok masyarakat relawan peduli bencana (Pokmas).

Satpol PP Akan Segera Bentuk Pokmas di Kecamatan
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/SAHIRUL HAKIM
Kabid Perlindungan Masyarakat dan Penanggulangan Bencana Satpol PP Kabupaten Kapuas Hulu, Salahuddin. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Sahirul Hakim

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KAPUAS HULU - Kabid Perlindungan Masyarakat dan Penanggulangan Bencana Satpol PP Kabupaten Kapuas Hulu, Salahuddin mengakui bahwa, hingga saat ini pihaknya belum pernah memberikan semacam pelatihan kepada masyarakat terkait bagaimana melakukan penanggulangan bencana di daerahnya masing-masing.

"Kita sudah ada wacana kedepan, akan membentuk kelompok masyarakat relawan peduli bencana (Pokmas), maksdunya apabila terjadi bencana masyarakat sudah ada mengkodinir dilapangan," ujar Salahuddin kepada Tribunpontianak.co.id, Senin (13/11/2017).

(Baca: Antisipasi Banjir Satpol PP Bentuk Tim Bantingsor )

Apa lagi kata Salahuddin, Pokmas di Kabupaten akan dibentuk pada bulan Desember 2017 nanti, dan rencananya akan Bupati Kapuas Hulu akan membentuk secara simbolis Pokmas di 23 kecamatan.

"Nanti camat akan membentuk Pokmas di desa-desa binaan mereka. Jadi apabila terjai bencana alam, baik banjir, tanah longsor, dan angin puting beliung, kita sudah bisa menangganinya dengan sendiri," ucapnya.

Selain itu jelasnya, apabila ada bantuan yang datang dari provinsi dan pemerintah pusat, bisa dikoordinir dengan baik oleh Pokmas tersebut.

"Rencana akan dibentuk Pokmas tersebut merupakan berdasarkan perintah presiden ke gubernur, dan gubernur meminta bupati dan walikota untuk segera membentuk Pokmas," ungkapnya.

Penulis: Sahirul Hakim
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved