Curah Hujan Tinggi, Tagana Kapuas Hulu Monitor Banjir dan Longsor

Paling lama satu hari atau dua hari, airnya sudah surut dan itu tak sampai membuat warga harus mengungsi.

Curah Hujan Tinggi, Tagana Kapuas Hulu Monitor Banjir dan Longsor
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
Longsor 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Sahirul Hakim

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KAPUAS HULU - Menyikapi curah hujan di Kapuas Hulu cukup tinggi beberapa pekan ini, Ketua Taruna Siaga Bencana (TAGANA) Kapuas Hulu, Muhammad Hatta menyatakan, sejauh ini belum ada laporan dari kawan-kawan dilapangan terkait banjir besar dan longsor di Kapuas Hulu.

"Pastinya kami selalu monitor semua titik akan mudah terjadi banjir besar dan tanah longsor, terutama di daerah pemukiman warga yang tinggal di perhuluan dan sungai kapuas," ujar Hatta, Senin (13/11/2017).

(Baca: Korban Laka Bergelimpangan di Jalan Raya, Video dan Foto-fotonya Bikin Merinding! )

Biasanya jelas Hatta, kalau terjadi banjir terutama di pemukiman warga sungai kapuas kejadiannya tidak terlalu lama. Paling lama satu hari atau dua hari, airnya sudah surut dan itu tak sampai membuat warga harus mengungsi.

(Baca: Bangga, Penampilan Wanita Asal Pontianak ini Pukau Juri Asias Got Talent )

"Beda dengan warga di perhuluaan sungai, kalau terjadi banjir yaitu skalanya besar hingga membuat warga mengungsi dan juga pernah memakan korban jiwa," ucapnya.

Maka dari itu, Hatta mengimbau kepada masyarakat yang merasa tinggal diwilayah mudah terjadi banjir dan longsor, untuk waspada dan lihat keadaan sekitar, kalau memang sudah mengancam cepat melarikan diri.

"Dari lokasi yang tinggi dan tak mudah terkena banjir, sehingga bsa terselamatkan dengan baik, dan segera melapor ke pihak terkait yang dekat sekitar," ungkapnya.

Penulis: Sahirul Hakim
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved