Antisipasi Banjir, Satpol PP Kapuas Hulu Akan Lakukan Sejumlah Langkah Ini

"Kalau kita sudah antisipasi, sehingga siap untuk melakukan penanggulangan bencana," ucapnya.

Antisipasi Banjir, Satpol PP Kapuas Hulu Akan Lakukan Sejumlah Langkah Ini
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/SAHIRUL HAKIM
Kasat Satpol PP Kapuas Hulu Rupinus. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Sahirul Hakim

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KAPUAS HULU - Kepala Satuan Polisi Pamung Praja (Satpol PP) Kabupaten Kapuas Hulu, Rupinus menyatakan, kalau pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan BMKG Putussibau, terkait curah hujan cukup tinggi beberapa pekan ini.

"Kita juga akan menyurati seluruh camat se Kapuas Hulu, untuk melakukan antisipasi terhadap daerah-daerah yang rawan banjir, longsor, dan bencana alam lainnya, karena kita sudah dapat dari BMKG, masalah tingginya curah hujan," ujar Rupinus kepada Tribunpontianak.co.id, di Kantor Satpol PP Kapuas Hulu, Senin (13/11/2017).

Selain itu jelas Rupinus, pihaknya juga akan melakukan rapat bersama Sekda Kapuas Hulu, untuk membahas antisipasi atau persiapan dalam penanggulangan bencana alam di Kapuas Hulu.

(Baca: TNI Dan Polri Kawal Penyaluran Pupuk Bersubsidi di Semparuk )

"Kalau kita sudah antisipasi, sehingga siap untuk melakukan penanggulangan bencana," ucapnya.

Dalam rapat tersebut Satpol PP juga akan mengundang pihak BMKG Putussibau, supaya bisa mengetahui daerah mana yang berpotensi curah hujan tinggi khususnya di Kapuas Hulu.

"Biarpun kita tak tahu kapan terjadi bencana alam, dan setidaknya kita tahu dulu," ujarnya.

(Baca: Polres Ketapang Komitmen Berantas Illegal Loging )

Terkait titik mana saja rawan akan banjir jelas Rupinus, salah satu di Putussibau Selatan yang pernah terjadi banjir di daerah tanjung lokang, dan sepanjang jalur sungai kapuas.

Pada dasarnya masyarakat sudah biasa menghadapi banjir.

"Kalau terjadi banjir yang besar juga sering terjadi, seperti di daerah tanjung lokang. Inilah yang harus diantisipasi kita supaya masyarakat dilokasi tersebut tetap waspada, dan hati-hati saat-saat musim curah hujan tinggi," katanya.

Dengan ini dihimbau, kepada seluruh masyarakat Kapuas Hulu selalu waspada dengan terjadinya banjir, tanah longsor, dan bencana alam lainnya. Karena mengingat curah hujan cukup tinggi.

"Terutama warga yang tinggal di tepian sungai kapuas, apabila terjadi banjir supaya segera melarikan diri ketempat yang dataran tanah yang tinggi, sehingga bisa selamat duluan," ungkapnya.

Penulis: Sahirul Hakim
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved