Nanas Akan Jadi Produk Unggulan Kabupaten Mempawah

Pemerintah Kabupaten Mempawah akan menjadikan budidaya Nanas sebagai komoditas unggulan di Kabupaten Mempawah.

Nanas Akan Jadi Produk Unggulan Kabupaten Mempawah
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/HAMDAN DARSANI
Ketua Rumah Produksi Industri Kecil Menengah Mekar Sari Desa Galang, Sholeh saat menunjukkan pengolahan keripik nanas setengah jadi yang diproduksi oleh IKM Mekar sari. Minggu (12/11/2017) 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Hamdan

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, MEMPAWAH - Pemerintah Kabupaten Mempawah akan menjadikan budidaya Nanas sebagai komoditas unggulan di Kabupaten Mempawah.

Bupati mempawah Ria Norsan mengatakan saat ini Pemkab telah mendirikan rumah produksi nanas di Desa Galang, Kecamatan Sungai Pinyuh. Minggu (12/11/2017).

“Dirumah produksi tersebut nanas diolah menjadi berbagai panganan ringan yang punya nilai jual baik, seperti dodol nanas, sirup nanas, keripik nanas dan lain sebagainya,” ujarnya.

(Baca: Puluhan Remaja Terjaring Razia Unit Satlantas Polres Mempawah )

Norsan mengatakan kedepanya untuk memenuhi pasokan bahan baku nanas, pembinaan para petani nantinya akan intens dilakukan sehingga para petani nanti tidak hanya menjual nenas mentah, namun dapat diolah menjadi panganan ringan.

“Para petani nantinya akan kita didik untuk melakukan industry hilir. Untuk keripik nenas kita saja pada kegiatan hari pangan sedunia menjadi satu panganan yang paling digemari oleh para pengunjung,” ujarnya.

Kendati demikian, hal yang masih menjadi kendala saat ini adalah packing yang belum optimal. Sehingga proses pemasaran yang kita lakukan dengan belum begitu maksimal.

“Untuk packing memang saat ini masih jadi kelemahan kita. Jika packing menarik tentu akan menarik minat belanja masyarakat. Kedepan pelan-pelan akan kita carikan solusinya,” ujarnya.

Penulis: Hamdan Darsani
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved