Banyak yang Belum Tahu, Tanaman Ini Memiliki Kandungan Obat dan Kencangkan Payudara

Akar tanaman ini memiliki beberapa khasiat untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit seperti, mengobati diabetes mellitus.

Banyak yang Belum Tahu, Tanaman Ini Memiliki Kandungan Obat dan Kencangkan Payudara
TRIBUN FILE/IST
Ilustrasi 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Lenjuhang atau dikenal dengan  ciplukan, dalam bahasa latin dikenal dengan nama Physialis Angulata, merupakan jenis tanaman liar yang sering dijumpai di daerah persawahan ini memiliki beragam manfaat. Mulai dari buah, daun dan akarnya mengandung obat.

Jika di pedesaan tanaman ini dapat kita peroleh secara mudah dan tinggal memetiknya bahkan jika diperjualbelikan kemungkinan tidak akan ada yang membelinya.

Banyak orang yang tidak tahu kalau di bilang Lenjuhang namun kalau dikatakan cciplukan atau cesendet maka akan banyak orang yang mengetahuinya.

(Baca: Ubah Lirik Lagu, Sejumlah Wanita Berpakaian Seksi Nyanyikan Lagu Ini )

Dari hasil penelusuran dari berbagai sumber, dalam tanaman ini banyak mengandung sumber vitamin, di antaranya sumber vitamin A.

Buah lenjuhang merupakan sumber vitamin A yang sangat berguna bagi tubuh, untuk menjaga fungsi tubuh, menjaga system kekebalan tubuh, kesehatan mata, kulit juga merupakan antioksidan alami yang kuat.

Lenjuhang mengandung antioksidan yang cukup tinggi seperti vitamin A dan C yang akan membantu menetralkan radikal bebas dan mampu mampu mempengaruhi integritas sel dengan menyerang DNA, situasi yang mengarah ke degenerasi dan menginduksi perkembangan penyakit serius seperti kanker.

Selain itu,  beberapa kandungan yang terdapat dalam ciplukan seperti  asam palmitat, alkaloid, chlorogenic acid, polifenol dan lain sebagainya yang terbukti ampuh untuk mengatasi berbagai jenis penyakit.

Dikutip dari laman http://www.1000macammanfaat.com, secara garis besar tanaman ciplukan ini memiliki peran sebagai tanaman yang memiliki fungsi antibakteri, anti aflamasi, analgesik, imunosupresan, antioksidan, sitotoksik, meredakan batuk, antivirus, menetralkan racun dan anti hiperglikemi.

Berikut ini akan kita ulas sedikit khasiat ciplukan dan cara mengolahnya jika dilihat dari bagian tumbuhannya.

Halaman
12
Penulis: Jamadin
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved