Dampak Edukasi Tidak Baik Merokok di Dekat Anak

Terlepas dari dampak buruknya bagi kesehatan, masalah rokok sendiri sebetulnya sangat berkaitan dengan tata niaga yang menaunginya.

Dampak Edukasi Tidak Baik Merokok di Dekat Anak
TRIBUN PONTIANAK/WAHIDIN
Kepala Dinas Kesehatan Kota Pontianak, Sidiq Handanu 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Adelbertus Cahyono

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Kepala Dinas Kesehatan Kota Pontianak, Sidiq Handanu mengatakan, aktivitas merokok di dekat anak dapat menjadi edukasi yang tidak baik bagi mereka.

"Jadi bisa ditiru oleh anak-anak untuk ikut merokok, kalau merokok di ruangan tertutup lebih berbahaya karena anak-anak akan menjadi perokok pasif," kata Sidiq, Jumat (10/11/2017).

Sidiq mengungkapkan, terlepas dari dampak buruknya bagi kesehatan, masalah rokok sendiri sebetulnya sangat berkaitan dengan tata niaga yang menaunginya.

(Baca: Awas! Bahaya Asap Rokok Ancam Kesehatan Anak )

(Baca: Yuk, Kenalan dengan Daniel Darryan, Paspampres yang Bikin Meleleh di Pernikahan Kahiyang-Bobby )

"Kalau di Indonesia ini kan rokok dijual di sembarang tempat, tanpa ada batasan, kelompok umur yang membeli juga tidak ada batasan," ujarnya.

Oleh sebab itu, kata Sidiq, untuk menanggulangi permasalahan rokok di Indonesia tidak bisa hanya dilakukan dari sektor kesehatan saja.

Dinas Kesehatan sendiri pun sudah menempuh beberapa upaya untuk semakin mengurangi angka perokok di Kota Pontianak, salah satunya adalah dengan mengeluarkan Peraturan Daerah (Perda) terntang Kawasan Tanpa Rokok (KTR).

(Baca: Penderita HIV/AIDS Didominasi Usia Produktif )

"Terutama untuk kawasan pendidikan dan kesehatan, serta beberapa tempat umum, kantor, dan seterusnya," terangnya.

Selain itu, ia bersama seluruh jajarannya pun sering melakukan monitoring dan evaluasi ke KTR-KTR tersebut, sementara untuk anak-anak sekolah biasanya akan dilakukan penyuluhan setiap tahunnya.

"Yang terakhir kemarin kita melakukan pemilihan Duta Anti Rokok, itu kan juga merupakan salah satu upaya," ujarnya.

Penulis: Adelbertus Cahyono
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved