Kementerian Pertanian Tetapkan Nanas Madu Galang Varietas Lokal

“Nanas madu galang memiliki perbedaan dengan nanas pada umumnya, mulai dari sisi rasa, bentuknya dan ukurannya lebih besar,”

Kementerian Pertanian Tetapkan Nanas Madu Galang Varietas Lokal
IST
Wakil Bupati Mempawah menerima sertifikat penetapan nanas madu galang sebagai varietas lokal oleh Balai Besar Pengembangan dan Pengkajian Teknologi Pertanian Kementrian Pertanian di Malang, Selasa (7/11/2017) kemarin. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Hamdan

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, MEMPAWAH – Nanas Madu Galang Kabupaten Mempawah telah mendapatkan sertifikat dan ditetapkan Kementerian Pertanian RI sebagai varietas lokal.

Wakil Bupati Mempawah secara langsung menerima sertifikat penetapan tersebut di Balai Pengkajian Teknologi Pertanian di Malang Jawa Timur, Selasa (7/11/2017).

Kabid Pertanian dan Hortikultura Distan, Ketahanan Pangan dan Peternakan Kabupaten Mempawah Agus Sukmadi mengatakan pemerintah kabupaten Mempawah mengajukan tiga jenis varietas nanas untuk mendapatkan sertifikat sebagai varietas lokal oleh kementerian.

(Baca: 7 Fakta Sepasang Pelajar SMP Mesum di WC Umum Kubu Raya! Ada Ancaman Perekam Video )

Varietas nanas tersebut di antaranya adalah nanas madu galang, madu sari, dan kltok madu.

“Nanas madu galang memiliki perbedaan dengan nanas pada umumnya, mulai dari sisi rasa, bentuknya dan ukurannya lebih besar,” ujarnya saat ditemui Tribun di ruangannya, Rabu (8/11/2017).

Agus mengatakan selanjutnya jika terdapat daerah lain yang ingin mengembangkan nanas madu galang, nama nanas tersebut harus tetap mengikuti sebagai varietas unggulan kabupaten Mempawah yakni nanas madu galang dan telah ada hak paten.

(Baca: 3 Fakta Mengejutkan di Perbatasan, Cop Terbang Hingga Jatah Ringgit Petugas )

“Untuk nanas madu galang saat ini tengah dikembangkan di Desa Galang, Kecamatan Sungai Pinyuh. Selanjutnya nanti akan kita sosialisasikan kepada petani nanas lainya untuk menanam varitas unggulan nanas madu galang,” ujarnya.

Sebagai tindak lanjutnya, Pemerintah akan melakukan pengembangan kawasan khusus sentra tanaman nanas jenis madu galang dengan rencana luasan hamparan tertentu.

“Karena telah ditetapkan oleh pemerintah pusat melalui kementrian pertanian untuk melindungi varietas lokal nanas galang, kedepan akan kita kembangkan kembali luasan tanam nanas madu galang, khusunya di Desa Galang Kecamatan Sungai pinyuh,” paparnya.

Penulis: Hamdan Darsani
Editor: Nasaruddin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved