BPN Permudah Proses Pembuatan Sertifikat Aset Negara

Maka saya usahakan sertifikatnya juga bisa dicetak atau diterbitkan tahun ini juga.

BPN Permudah Proses Pembuatan Sertifikat Aset Negara
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID / SUBANDI
Kepala Kantor BPN Ketapang, Imawan saat diwawaancarai awak media di Pendopo Bupati Ketapang, Rabu (8/11). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Subandi

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KETAPANG – Kepala Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Ketapang, Imawan mengatakan, pada 2017 ada Program Pendaftaran Tanah Sistematis Produk. Pada program ini untuk Ketapang ditargetkan sebanyak 15 ribu bidang.

Khususnya di Kecamatan Matan Hilir Utara, Matan Hilir Selatan dan di Desa Tempurukan. Sebab itu ia berharap jika ada aset yang belum terdaftar di lokasi tersebut. Maka sebaiknya segera didaftarkan ke Kantor BPN Ketapang.

“Lantaran program ini akan berakhir pada tahun anggaran 2017. Terhadap masyarakat saat ini sebagian sedang pembagian sertifkat,” katanya kepada awak media di Ketapang, Rabu (8/11).

Sedangkan pada aset-aset Negara yang mungkin karena butuh waktu pemberkasan lebih lama atau proses lainnya. Maka pihaknya masih menunggu terus hingga akhir 2017. “Kalau memang persyaratannya sudah lengkah,” ungkapnya.

(Baca: Ciduk Pencuri Pupuk, Inilah Pengakuan Tersangka dan Keterangan Kepolisian )

“Maka saya usahakan sertifikatnya juga bisa dicetak atau diterbitkan tahun ini juga. Termasuk aset-aset tanah sekolah yang mau dibuatkan sertifikatnya,” lanjut Imawan.

Ia menambahkan terhadap aset Negara untuk persyaratannya agak lebih mudah. “Lantaran kita tahun di beberapa lokasi yang aset negaranya. Pemerintah Daerah ini terkadang administrasi terhadap aset itu tidak punya,” tuturnya.

“Maka sesuai peraturan Kepala Badan nomor 10 tahun 2010 dipermudah. Jadi pada aset Negara itu cukup membuat pernyataan dan dimasukkan dalam inpentaris barang. Maka sudah bisa dipakai untuk persyaratan ke BPN membuat sertifikat,” tambahnya.

Penulis: Subandi
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved