Ternyata, Stunting Dapat Dicegah Sejak Dari Kandungan

Oleh karena itu, sejak seorang ibu mengandung, Stunting sudah bisa dicegah terhadap bayi yang dikandung.

Ternyata, Stunting Dapat Dicegah Sejak Dari Kandungan
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/WAHIDIN
Kepala Seksi KB, Dinas Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKBP3A) Kabupaten Sintang, Sumardi. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Wahidin

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINTANG- Kepala Dinas Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKBP3A) Kabupaten Sintang melalui Kasi KB, Sumardi mengatakan pihaknya sedikit banyak ikut andil dalam penurunan angka Stunting.

Seperti yang diketahui memang berdasarkan angka yang dirilis Dinas Kesehatan bahwa penderita Stunting di Kabupaten Sintang mencapai 30 persen.

Angka ini terbilang cukup tinggi, artinya ada satu dari tiga orang di Sintang menderita Stunting.

Sumardi menjelaskan bahw seperti yang diketahui Stunting itu adalah usia anak tidak sesuai dengan tinggi badan. Menurutnya jika Keluarga Berencana (KB) bisa dinikmati setiap keluarga, tentu bisa menjadi satu di antara cara menekan angka Stunting.

(Baca: Angka Stunting Sintang 30 Persen, Dinkes Lakukan Berbagai Upaya untuk Menurunkannya )

"Misalnya ibu sudah memiliki anak cukup dan menggunakan alat kontrasepsi. Artinya dengan begitu keluarga tersebut bisa fokus kepada anak-anak yang ada, terkait dengan pemenuhan gizi, dan apa saja yang diperlukan," katanya, Minggu (5/11/2017) pagi.

Ia menambahkan bahwa seorang manusia akan menjadi penderita Stunting atau tidak dipengaruhi 1000 hari pertama, terhitung sejak kandungan.

Oleh karena itu, sejak seorang ibu mengandung, Stunting sudah bisa dicegah terhadap bayi yang dikandung.

"Sebelum hamil, ibu harus dipantau dengan gizi yang baik, dengan berat badan yang cukup. Untuk ibu hamil harus lebih dari 45 kilo baru boleh hamil. Kemudian dengan HB yang cukup, minimal 12 gram. Kalau ini sudah dilakukan, tentu resiko Stunting lebih kecil," pungkasnya.

Penulis: Wahidin
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved