Prestasi Ekonomi dan Tantangan Politik

Menurut Bank Dunia, kenaikan peringkat yang memperlihatkan kemajuan besar itu didukung oleh perbaikan di tujuh indikator.

Prestasi Ekonomi dan Tantangan Politik
NET
Ilustrasi 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - KABAR menggembirakan datang dari World Bank atau Bank Dunia. Lembaga internasional ini menyatakan kemudahan berbisnis di Indonesia tahun ini jauh lebih baik dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Karena itu pula, Bank Dunia menempatkan Indonesia pada peringkat 72 di antara 190 negara. Dengan posisi baru itu berarti Indonesia melompat 19 tangga peringkat ketimbang tahun lalu.

Menurut Bank Dunia, kenaikan peringkat yang memperlihatkan kemajuan besar itu didukung oleh perbaikan di tujuh indikator, terutama aspek penyediaan listrik.

Perbaikan peringkat kemudahan berusaha yang dilansir Bank Dunia tentu tidak asal-asalan. Tidak mungkin lembaga itu melakukan pemeringkatan tanpa dasar yang kuat.

Tentu mereka melakukan dengan sangat hati-hati karena citra lembaga sangat dipertaruhkan.

Dan hasilnya, Indonesia mengalami perbaikan peringkat yang bisa dibilang luar biasa.

(Baca: 5 Fakta Bule Amerika Tewas di Kamar Hotel Pontianak! Ada Kesaksian Mengejutkan Wanita Cantik )

Ini sekaligus membuktikan upaya pemerintah untuk memperbaiki kondisi perekonomian terutama iklim investasi diakui oleh masyarakat internasional.

Melihat kemajuan itu, target yang dicanangkan Presiden Joko Widodo (Presiden) agar Indonesia masuk peringkat 40 besar pada 2020 tampaknya bisa terwujud.

Tetapi, tentu akan banyak faktor yang bisa menghambat, terutama kegaduhan dunia politik.

Halaman
123
Penulis: Ahmad Suroso
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved