Populasi Ikan di Kapuas Hulu Menurun, Ini Penyebabnya

Bupati Kapuas Hulu Abang Muhammad Nasir menyatakan, ada banyak cara untuk mempertahankan kelestarian sumber daya ikan di perairan.

Populasi Ikan di Kapuas Hulu Menurun, Ini Penyebabnya
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID / SAHIRUL HAKIM
Bupati Kapuas Hulu, Abang Muhammad Nasir 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Sahirul Hakim

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KAPUAS HULU - Melihat hasil tangkapan ikan di Kapuas Hulu semakin tahun menurun, Bupati Kapuas Hulu Abang Muhammad Nasir menyatakan, ada banyak cara untuk mempertahankan kelestarian sumber daya ikan di perairan.

"Diantaranya kita harus budidaya ikan di kolam atau keramba. Terus menggunakan alat penangkap ikan dan cara tangkap yang ramah lingkungan," ujarnya kepada wartawan Jumat (3/11/2017).

Kemudian jelas Nasir, mengatur tempat dan waktu penangkapan ikan, mengatur jenis dan umur ikan yang boleh ditangkap, merubah image masyarakat pembudidaya toman, bahwa jangan lagi mengandalkan pakan anak-anak ikan yang gratis dan mudah didapat.

(Baca: Pontianak Jadi Tuan Rumah Kenduri Yang Digelar Asosiasi E-commerce Indonesia )

"Kita juga harus ada upaya untuk mengusahakan adanya pakan tambahan, dan pakan alternatif seperti dari kelas siput (bekicot, keong emas, dan lain-lain," ucapnya.

Bupati juga menuturkan, memelihara dan melestarikan, serta melindungi suatu kawasan perairan, dan menjadikannya kawasan konservasi perairan, seperti danau lindung yang sudah dikenal saat ini di Kapuas Hulu.

(Baca: Penanganan Dampak Bencana Banjir di Ketapang Lambat, Ini 16 Tuntutan KKM ke Pemerintah )

"Cara lain adalahmelestarikan ikan di perairan, dengan penebaran ikan lokal atau restocking, sehingga ikan populasi ikan di Kapuas Hulu selalu terjaga,” jelasnya.

Menurutnya, saat ini kegiatan pemanfaatan sumberdaya ikan di perairan melalui penangkapan mempunyai kecenderungan semakin tidak terkendali. Dimana jumlah tangkapan sudah tak seimbang dengan daya pulih ikan itu sendiri.

"Dampak penangkapan ikan yang tak terkendali sudah jelas, ini terlihat dari produksi ikan yang semakin mengalami penurunan baik dari segi jumlah, berat maupun ukurannya," ucapnya.

Sehingga beberapa jenis ikan tawar di Kapuas Hulu jelas Bupati, mengalami kelangkaan seperti, ikan kapas, ketutung, semah, bau pipih, lais kaca, semah putih, belida, dan jenis ikan lainnya.

"Penurunan jumlah populasi ikan disebabkan, beberapa faktor antara lain, meningkatnya kebutuhan manusia akan daging ikan, sebagai akibat bertambahnya jumlah konsumsi ikan tersebut, kemudian penggunaan alat, cara, dan waktu serta tempat penangkapan ikan yang tidak tepat," ungkapnya. (rul)

Penulis: Sahirul Hakim
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved