Perkuat Peran Ekonomi Perempuan, Tingkatkan Kesejahteraan Keluarga

mina padi, di beberapa desa pengembangan usaha ikan hias, dan lain-lain yang dikelola dan dipasarkan s

Perkuat Peran Ekonomi Perempuan, Tingkatkan Kesejahteraan Keluarga
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/RIDHOINO KRISTO SEBASTIANUS MELANO
Foto bersama dalam kegiatan media briefing dengan tema penguatan peran ekonomi perempuan dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga dan masyarakat desa di aula Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar, Jalan Ahmad Sood Pontianak, Selasa (31/10/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Ridhoino Kristo Sebastianus Melano

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Konsorsium Perempuan untuk keberlanjutan penghidupan Kalimantan Barat (Kalbar) menggelar media briefing dengan tema penguatan peran ekonomi perempuan dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga dan masyarakat desa di aula Dinas Kesehatan Kalbar, Jalan Ahmad Sood Pontianak, Selasa (31/10/2017).

Konsorsium Perempuan untuk Keberlanjutan Penghidupan Kalimantan Barat terdiri dari Gemawan (Lembaga Pengembangan Masyarakat Swadaya dan Mandiri), Pusat Pengembangan Sumberdaya Wanita Borneo (PPSW-Bomeo), Yayasan Dian Tama Pontianak, Lembaga Swadaya Masyarakat Simpai Kapuas dan Jumalis Perempuan Khatulistiwa (JPK).

(Baca: Cara Cepat Registrasi dan Registrasi Ulang Kartu Prabayar Axis )

Perwakilan Lembaga Gemawan, Encep Endan menuturkan, kondisi kegiatan usaha ekonomi masyarakat Desa baik perorangan maupun kelompok berdasarkan potensi ekonomi Desa sebagian besar masih mengandalkan hasiI pertanian seperti padi Iadang yang sebagian sudah menerapkan pola padi sawah, sayur-mayur, dan pertanian holtukultura lainnya.

Kemudian hasil perkebunan seperti karet dan buah buahan. Hasil perikanan dari budidaya ikan air tawar dengan pola kolam/jaring.

"Maupun mina padi, di beberapa desa pengembangan usaha ikan hias, dan lain-lain yang dikelola dan dipasarkan secara langsung oleh masyarakat setempat di sekitar desa berdasarkan sumber daya yang ada," katanya, Selasa (31/10/2017).

(Baca: Usianya 107 Tahun, Apa Rahasia Panjang Umur Soeniman? Doyan Makanan Ini dan Kuasai 4 Bahasa )

Masyarakat desa juga telah mempunyai beberapa usaha ekonomi yang dikelola dan diproduksi secara mandiri, baik perorangan maupun kelompok di antaranya usaha keterampllan dan kerajinan masyarakat bentuk anyaman, peralatan rumah tangga berbahan limbah kayu belian, pandal besi, dan lainnya.

Usaha perdagangan seperti warung sembako, warung makanan sederhana dan toko pertanian (saprodI/tan), toko peralatan rumah tangga di beberapa titik tertentu.

"Usaha jasa Iainnya seperti penggilingan padi, jasa koperasi simpan pinjam yang masih dikelola secara sederhana oleh masyarakat dan dipasarkan ke masyarakat desa," jelasnya.

Penulis: Ridhoino Kristo Sebastianus Melano
Editor: Nasaruddin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved