Peringati Hari Sumpah Pemuda, Eiger Lakukan Ekspedisi ke Gunung Palung

Gunung Palung sendiri merupakan sebuah kawasan pegunungan dimana puncak tertingginya adalah Gunung Palung dan Gunung Panti

Penulis: Muhammad Fauzi | Editor: Dhita Mutiasari
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
Para peserta ekspedisi pendakian Gunung Palung bersiap-siap melakukan pendakian dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda, Sabvtu (28/10/2017) 

Laporan Wartawan Tribun Potianak Muhammad Fauzi

TRIBUNPONTIANAK. CO. ID, KAYONG UTARA – Brand adventure, Eiger melakukan ekspedisi ke 28 gunung yang ada di Indonesia, termasuk diantaranya Gunung Palung yang berada di Kayong Utara. Pendakian ini dalam rangka memperingati Sumpah Pemuda yang jatuh pada tanggal 28 Oktober.

Tim ekspedisi sendiri sudah berangkat sejak 26 Oktober agar dapat mencapai puncak lokasi tepat waktu pada hari Sumpah Pemuda.

Gunung Palung sendiri merupakan sebuah kawasan pegunungan dimana puncak tertingginya adalah Gunung Palung dan Gunung Panti dengan ketinggian 1.050 Mdpl.

Bagian tengah pegunungan ini berupa cekungan/lembah hulu Sungai Siduk.

(Baca: Pontianak Dinobatkan Sebagai Kota Layak Pemuda )

Selain itu, Kawasan tersebut merupakan kawasan Taman Nasional Gunung Palung merupakan salah satu kawasan pelestarian alam yang memiliki keaneka-ragaman hayati bernilai tinggi, dan berbagai tipe ekosistem antara lain hutan mangrove, hutan rawa, rawa gambut, hutan rawa air tawar, hutan tropika, dan hutan pegunungan yang selalu ditutupi kabut.

(Baca: Cristiano Ronaldo Sandang Predikat Penyerang Terburuk, Catatan Ini Buktinya )

Terkait ekpedisi pendakian Gunung Palung dalam memperingati hari Sumpah Pemuda, dikatakan Kepala Seksi Balai Taman Nasional Gunung Palung wilayah 1 Sukadana, Kayong Utara, Bambang Tri Marsito momen pendakian ini sangat baik, dan menjadi simbol untuk memperingati dan memaknai Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada tanggal 28 Oktober.

 “Kami sebagai pengelola kawasan Taman Nasional turut bangga menjadi salah satu lokasi untuk meperingati hari sumpah pemuda, 28 Oktober di puncak Gunung Palung. Dan ini salah satu lokasi dari ke 28 se-Indonesia,"terangnya, Minggu (29/10/2017).

 Dilanjutkannya, hal ini dapat terus mendorong para pencinta alam dalam kegiatan positif, karena selain sumpah pemuda, hari besar lainnya, seperti Hut RI para pencinta alam juga melakukan pendakian di Gunung Palung.

"Dan ini menurut saya akan mendorong kegiatan pecinta alam. Dan ini sekaligus untuk memototivasi anak-anak muda dalam melakukan kegiatan positif, sekaligus sebagai promosi kita sebagai pengelola Taman Nasional,”kata Bambang.

Selain itu, sambung dia kegiatan pendakian pada momen 28 Oktober ini menjadi motivasi tersendiri bagi pencinta alam lainnya. "Harapannya buat rekan-rekan muda kita, ini menjadi momen menginspirasi untuk anak muda dan pada umumnya kepada pencita alam,"tandasnya. (Fau)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved