Berita Video

Serunya Festival Pesisir Paloh, Ayo Datang ke Temajuk!

Potensi yang dimiliki di sepanjang pesisir Kecamatan Paloh, selain sebagai pantai peneluran Penyu terpanjang di Indonesia,

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Tito Ramadhani

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SAMBAS -  Seperti inilah suasana keseruan Festival Pesisir Paloh pada tahun sebelumnya.

Wakil Bupati Sambas, Hairiah mengungkapkan, Festival Pesisir Paloh 2017, digelar Pemda Kabupaten Sambas dengan menggandeng berbagai pihak, di antaranya Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) RI, BPSPL Pontianak, PPN Pemangkat, BKSDA Kalbar, Polres Sambas, Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Kalbar, KNPI Kalbar, Pramuka Kwarcab Sambas, Saka Bahari Sambas, POM Sambas, Pokmaswas Kambau Borneo serta WWF Indonesia Program Kalbar.

"Secara geografis Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas berada di lokasi yang sangat strategis, karena berada di antara lima kawasan hutan lindung Taman Wisata Alam (TWA) yang dikelola oleh BKSDA Kalbar,"ungkapnya, Minggu (29/10/2017).

(Baca: Jewita Kalbar Chapter Sambas Promosikan Wisata Sambas Melalui Festival Pesisir Paloh )

Kecamatan yang berada di utara Kabupaten Sambas dan berbatasan langsung dengan negara tetangga Malaysia ini juga dikenal dengan pantai peneluran Penyu, yang sangat potensial dan merupakan pantai peneluran Penyu terpanjang di Indonesia, yakni sekitar 63 kilometer.

Selaku Ketua Panitia Festival Pesisir Paloh 2017, Hairiah menjelaskan, potensi yang dimiliki di sepanjang pesisir Kecamatan Paloh, selain sebagai pantai peneluran Penyu terpanjang di Indonesia, juga banyak memiliki spesies kunci yang berperan penting dalam ekosistem.

(Baca: POM Sambas Akan Sajikan Tradisi dan Budaya Melayu di Festival Pesisir Paloh )

"Seperti Bekantan, Buaya, Pesut, Lumba-lumba, Ketam Tapak Kuda, Enggang dan lain sebagainya," paparnya.

Simak keseruannya dalam video di atas.

Agar anda bisa mengetahui seperti apa suasana Festival Pesisir Paloh 2017 nanti, yang akan digelar sejak 5 hingga 11 November 2017.

Penulis: Tito Ramadhani
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved