Pemkot Berlakukan KIA Tahun 2018

Nantinya menurut dia, KIA ini dibagi dua macam yaitu dari 0 (nol) sampai 5 (lima) tahun tanpa foto.

Pemkot Berlakukan KIA Tahun 2018
Net
Ilustrasi

Laporan Wartawan Tribun Pontianak,  Try Juliansyah

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINGKAWANG - Pemerintah Kota Singkawang segera memberlakukan program Kartu Identitas Anak (KIA) pada tahun 2018. Hal ini diungkapkan Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Kependudukan, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Singkawang, Muhammad Heru, Kamis, (26/10).

"Insya Allah, kita siap melaksanakan program KIA ini pada Januari 2018 mendatang. Pemberlakuan program KIA ini tak hanya dilaksanakan di Kota Singkawang saja, tapi juga semua Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Kalbar," ujarnya.

Terkait dengan penerbitan KIA ini, diakuinya telah diusulkan fasilitasnya ke dalam anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) Kota Singkawang. Sehingga nantinya dapat segera di proses dan target pemberlakuan KIA di 2018 dapat tercapai.

(Baca: Kadisdukcapil Targetkan Perekaman KTP E Capai 80 Persen )

"Kami sudah usulkan fasilitasnya dan dimasukan ke dalam Rencana Kerja Anggaran (RKA) seperti pembuatan blanko KIA, rebon dan mesin cetak penerbitan KIA," katanya.

Nantinya menurut dia, KIA ini dibagi dua macam yaitu dari 0 (nol) sampai 5 (lima) tahun tanpa foto. Kemudian, 5 (lima) tahun sampai 17 tahun kurang satu hari ada foto dengan memiliki akta kelahiran, foto copy KK, KTP asli kedua orangtua.

Sekretaris Daerah Singkawang, Syech Bandar mengatakan, pihaknya siap melaksanakan program KIA sesuai perintah pemerintah pusat.

"Kita siap melaksanakannya, dan kita juga akan menyiapkan perangkat-perangkat yang dibutuhkan dalam program KIA ini," katanya.

Namun, sebelum diberlakukannya KIA ini, dia berharap pemerintah pusat bersedia untuk melakukan sosialisasi ke masyarakat.

"Jelaslah harus ada sosialisasi dari pusat, mengenai apa kegunaannya, bagaimana nanti prosedurnya, dan lain-lain," tutupnya.

Penulis: Try Juliansyah
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved