Kurangi Risiko Laka Lantas, Polisi Bersihkan Pasir di Jalan

Untuk mengurangi resiko kecelakaan lalu lintas, akibat kondisi jalan yang berpasir

Kurangi Risiko Laka Lantas, Polisi Bersihkan Pasir di Jalan
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID / HENDRI CHORNELIUS
Petugas dari Sat Lantas Polres Sanggau saat membersihkan jalan yang berpasir di Jl Ahmad Yani, kecamatan Kapuas, kabupaten Sanggau, Kamis (26/10). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Hendri Chornelius

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SANGGAU - Sejumlah personel dari Sat Lantas Polres Sanggau membersihkan pasir yang berserakan di pinggir jalan, tepatnya di Jl Ahmad Yani hingga Jl Jenderal Sudirman, Kecamatan Kapuas, Sanggau, Kamis (26/10).

Pantauan di lapangan sejumlah anggota Polisi itu membawa sapu dan tidak segan untuk menyapu pasir yang berserakan di jalan. karena jika dibiarkan maka bisa membuat pengendara sepeda motor tergelincir sehingga mengalami kecelakaan.

Kasat Lantas Polres Sanggau AKP Refandri Meidika Putra menyampaikan, petugas sengaja turun ke jalan untuk membersihkan jalan yang berpasir.

(Baca: Faruki: BSN Cabang Pontianak Miliki Potensi Bernilai Usaha dari Sampah )

“Untuk mengurangi resiko kecelakaan lalu lintas, akibat kondisi jalan yang berpasir, ” katanya, Kamis (26/10).

KBO Lantas Polres Sanggau, IPTU Halasan Manurung menambahkan, kegiatan tersebut dilakukan untuk menghindari terjadinya kecelakaan lalu lintas karena pasir dan tanah dapat membuat daya cengkram ban menjadi tidak berfungsi (slip).

“Bahaya pasir dan tanah yang bertebaran di jalan ini. Kami khawatir, terutama yang pakai sepeda atau sepeda motor bannya slip malah bikin hal nanti. Makanya kami berinisiatif saja bersama anggota lalu lintas untuk membersihkannya di beberapa lokasi,” ujarnya.

(Baca: Dinas Pangan, Pertanian dan Perikanan Evaluasi Pengawasan Pemotongan Sapi )

Ia menjelaskan, kecelakaan di jalan raya bukan hanya karena human error saja, akan tetapi keberadaan pasir dan tanah yang seperti ini (berada di badan jalan) juga bisa jadi penyebabnya. Untuk itu, sebelum kejadian harus sudah diantisipasi.

“Kedepan jangan ada yang begini lagi, untuk keselamatan bersama. Kita mana tahu, walaupun nampaknya sepele tetapi bisa menimbulkan bahaya yang besar bagi pengguna jalan,”tuturnya.

Ia mengimbau kepada pengguna jalan terutama yang menggunakan sepeda motor agar berhati-hati di jalan yang terdapat pasir. Kemudian tidak memacu kendaraan dijalan berpasir sebab bisa berbahaya bagi pengguna.

“Kalau lewat jalan begini sebaiknya kecepatan dikurangi untuk menghindari ban slip,” pungkasnya.

Penulis: Hendri Chornelius
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved