Apresiasi Kinerja Tim Saber Pungli, Sekda Dukung Rencana Penjara Pulau di Kalbar

Silakan pemerintah mau menggunakan pulau itu, karena pulau-pulau itu juga milik negara,

Apresiasi Kinerja Tim Saber Pungli, Sekda Dukung Rencana Penjara Pulau di Kalbar
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID / Hadi Sudirmansyah
Sekda Kalbar M Zeet Hamdy Assovie pasangkan seragam ke perwakilan pelajar yang menjadi agen Saber Pungli 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Hadi Sudirmansyah

TRIBUNONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Pemprov Kalbar apresiasi kinerja tim Sapu bersih Pungutan Liar (saber pungli). Sebagai bentuk dukungannya, Pemprov siapkan pulau untuk di bangunnya penjara seperti Nusakambangan.

"Beberapa hari yang lalu saya di hubungi oleh orang kementerian Hukum dan Ham pusat, terkait kegiatan ini dan rencana akan meninjau pulau-pulau yang ada di Kalbar ini untuk di bangunnya Lembaga Pemasyarakatan," kata Sekda Kalbar, M Zeet Hamdy Asovie saat menghadiri kegiatan sosialisasi Perpres No 87 tahun 2016 tentang Satgas Saber Pungli yang di gelar oleh Kemenkopolhukam RI di Hotel Aston Pontianak, Kamis (26/10/2017).

Kalbar, lanjut dia memiliki ratusan pulau, ada yang di pulau kawasan laut dan kawasan persungaian yang jumlahnya sekitar 212 pulau, yang separuhnya tak berpenghuni atau tak ada masyarakat yang mendiaminya

"Silakan pemerintah mau menggunakan pulau itu, karena pulau-pulau itu juga milik negara, kalau perlu pusatkan di Kalbar penjara-penjara, jika ada tahanan narkoba, tahanan koruptor lain seperti tahanan Pungli, jebloskan saja ke penjara itu, kalau tahanan Pungli cukup di penjara Pulau sungai, tapi di sungai nya ada pelihara buaya, biar dia takut mau kabur dari penjara," kata M Zeet.

"Pulau banyak, di setiap kabupaten di Kalbar, baik itu di kawasan sungai dan di laut, seperti Sambas, Bengkayang, Ketapang, Kubu Raya dan lainnya," tambahnya.

Mewakili Gubernur Kalbar, M Zeet membuka secara resmi kegiatan sosialisasi tersebut, ia mengharapkan peserta dapat mengikuti secara serius.

(Baca: Datangi Kantor Dewan, Serikat Pekerja Mengacu Rekomendasi DPR RI, Ini Bunyi Rekomendasinya )

Menurutnya kegiatan ini memiliki dampak positif sebagai pencegahan, selain itu semua jajaran kedepan untuk memperkuat sistem pengendalian, mengembangkan dan meningkatkan sistem pelayanan serta memberikan akses yang Luas ke masyarakat.

Tak hanya itu, M Zeet juga meminta jajaran untukmemberikan respon cepat terhadap infomasi yang ada dan melakukan koordinasi sinergiritas serta memberikan tindak tegas dan pembinaan yang memiliki efek jera.

"Dengan di libatkannya unsur pelajar, mahasiswa dan Tokoh masyarakat dalam sosialisasi ini, tentu memberikan dampak positif, terutama para generasi Muda untuk mengajarkan hal-hal yang Bersih dan memahami pelayanan publik yang sebenarnya," katanya.

Ratusan unsur dari aparat penegak hukum baik dari kepolisian dan kejaksaan serta utusan dari inspektorat pemerintah kabupaten/kota se Kalbar mengikuti Sosialisasi Peraturan Presiden No 87 Tahun 2016 tentang Satgas Sapu Bersih Pungutan Liar yang di laksanakan oleh Kemenpolhukam RI

Penulis: Hadi Sudirmansyah
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved