Breaking News:

Menilik Sejarah Pelabuhan Seng Hie di Kota Pontianak

Pelabuhan Seng Hie adalah sebuah dermaga niaga milik seorang pengusaha China bernama Theng Seng Hie.

Penulis: Muzammilul Abrori | Editor: Rizky Zulham
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/CLAUDIA LIBERANI
Suasana pelabuhan bongkar muat Seng Hie di sore hari 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Claudia Liberani

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Sepintas tidak ada yang istimewa dari pelabuhan Seng Hie, pelabuhan yang terletak di pinggir Sungai Kapuas dengan luas 1.800 meter persegi ini secara administrasi berada di Jalan sultan Muhammad kelurahan Benua Melayu Laut, Kecamatan Pontianak Selatan, Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat.

Pelabuhan Seng Hie adalah pelabuhan bongkar muat tertua di Provinsi Kalimantan Barat.

Budayawan dan Sejahrawan, Syafaruddin Usman MHD menuturkan mulanya Pelabuhan Seng Hie adalah sebuah dermaga niaga milik seorang pengusaha China bernama Theng Seng Hie.

Pada masanya dia adalah seorang pengusaha hasil bumi yang sangat sukses.

"Theng Seng Hie membangun dermaga untuk menunjang aktivitas perdagangannya. Yang menggunakannya banyak, sehingga dermaga ini berkembang dan perlahan menjadi kawasan kegiatan perniagaan," katanya.

(Baca: Seperti ini Pelabuhan Seng Hie Jika Dijepret Dari Ketinggian )

Dia menuturkan tahun 1930 kolonial Belanda mengambil alih dermaga Seng Hie karena dinilai sebagai daerah transportatif yang kreatif secara perekonomian.

Pengambilalihan ini tidak semata-mata tanpa, saat itu Theng Seng Hie mengalami kemunduran dalam usahanya sehingga dia menjual rumah serta tanahnya.

Di masa kolonial Belanda pelabuhan Seng Hie semakin ramai karena letaknya yang strategis, berdekatan dengan Selat Malaka maupun Laut Cina Selatan.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved