PKK KB Kesehatan Dukung Program Kependudukan KB dan Pembangunan Keluarga

PKK KB Kesehatan ini juga merupakan salah satu bentuk itensifikasi gerakan PKK serta lintas sektoral.

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Wahidin

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINTANG - Kepala Bidang KB BKKBN Perwakilan Provinsi Kalimantan Barat, Abdurrahman mengatakan bahwa satu di antara kegiatan tim pengerak PKK yang dilakukan bersama adalah kesatuan gerak PKK KB kesehatan.

"Melalui PKK KB Kesehatan tersebut selalu memberikan kontribusi yang cukup signifikan terhadap cakupan keberhasilan program kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga," katanya, Minggu (15/10/2017) pagi.

PKK KB Kesehatan ini juga merupakan salah satu bentuk itensifikasi gerakan PKK serta lintas sektoral.

Sebab kegiatan ini bertumpu pada kegiatan kelompok masyarakat PKK Institusi KB kesehatan di desa tersebut dengan kader sebagai ujung tombak kegiatan.

(Baca: PKK Bengkayang Gelar Kampanye Minum Susu Kambing )

Abdurrahman menambahkan program keluarga berencana sangat erat kaitannya dengan upaya peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

Sebab memang tidak hanya berupaya mengendalikan laju pertumbuhan penduduk,
juga berupaya mewujudkan keluarga bahagia dan sejahtera.

Melalui program KB setiap pasangan usia subur bisa merencanakan kehidupan keluarga dengan lebih baik. Apalagi mengingat persoalan remaja yang terjadi di Kalimantan Barat, tergambar menurut survey Demografi dan kesehatan indonesia (SDKI) 2012.

"Provinsi kalimantan barat digambarkan memiliki kasus kehamilan dan kelahiran pada wanita usia 15 sampai dengan 19 tahun paling tinggi diantara provinsi – provinsi lain di indonesia. Sekitar 104 per 1000 kasus angka kehamilan tidak diinginkan juga cukup tinggi di Kalbar," pungkasnya.

Penulis: Wahidin
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved