Karyawan Cairkan Sebagian Premi JHT

Manfaat JHT sebagaimana diatur dalam PP No 46/2015 Pasal 22 ayat (4) Dalam rangka mempersiapkan diri memasuki masa pensiun.

Karyawan Cairkan Sebagian Premi JHT
KOMPAS.COM
Ilustrasi 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Pagi Bun, mau tanya apakah premi Jaminan Hari Tua (JHT) dapat diambil sebagian selama karyawan masih aktif bekerja? Terimakasih.
085822839xxx

Kepesertaan Minimal Sudah 10 Tahun
Manfaat JHT sebagaimana diatur dalam PP No 46/2015 Pasal 22 ayat (4) Dalam rangka mempersiapkan diri memasuki masa pensiun.

Pembayaran manfaat JHT sebagaimana dimaksud pada ayat (3) dapat diberikan sebagian sampai batas tertentu apabila peserta telah memiliki masa kepesertaan paling singkat 10 tahun.

(Baca: Sampaikan Keluhan di Aplikasi BPJS Kesehatan )

Pada ayat (5) Pengambilan manfaat JHT sampai batas tertentu sebagaimana dimaksud pada ayat (4) paling banyak 30 persen dari jumlah JHT, yang peruntukannya untuk kepemilikan rumah. Atau, paling banyak 10 persen untuk keperluan lain sesuai persiapan masa pensiun.

Sedangkan pada ayat (6) pengambilan manfaat JHT sebagaimana dimaksud pada ayat (5) hanya dapat dilakukan untuk satu kali selama menjadi Peserta.

Pengenakan pajak progresif bagi peserta program JHT yang mengambil secara bertahap yang diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 16/PMK.03/2010 dan pasal 6 PP Nomor 68/2009.

(Baca: Pengajuan Klaim JHT Meningkat )

Kami menyarankan sebaiknya dana JHT tidak diambil pada saat usia produktif karena tingkat pengembangan JHT rata-rata selalu di atas suku bunga deposito perbankan.

Selain itu tidak ada potongan pajak selama akumulasi saldo JHT belum melebihi Rp 50 juta.

Apabila lebih dari Rp 50 juta maka selisih kelebihan dari Rp 50 juta tersebut yang akan dikenakan pajak final (PPh 21) sebesar 5 persen.

Terima kasih dan bila masih ada yang kurang jelas dapat datang langsung kantor BPJS Ketenagakerjaan setempat atau contact center di 1500910.

Sonny Agus Dwiarso
Kepala Bidang Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan Pontianak

Penulis: nicko ardinata
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved