SAR Bentuk Pramuka Rescue, Anggotanya Dapat Melakukan Aksi Kemanusiaan

Dalam prakteknya nanti, para anggota pramuka ini dapat bermanfaat saat terjadi keadaan yang membahayakan jiwa atau terjadi musibah.

SAR Bentuk Pramuka Rescue, Anggotanya Dapat Melakukan Aksi Kemanusiaan
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/MADROSID
Pelantikan Saka Pramuka Rescue, Kantor SAR kepada para anggota pramuka, di Kantor SAR, Senin (9/10/2017). Anggota pramuka ini akan dilatih SAR agar bisa melakukan aksi kemanusiaan. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Madrosid

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KUBU RAYA - Kepala Kantor SAR Pontianak, Hery Marantika mengatakan Kantor SAR Pontianak telah resmi membentuk Saka Tanjung Pura Scout Rescue bagi gerakan pramuka Cabang Kota Pontianak.

"Kita berharap dengan terbentuknya Gugus Depan Avignam Jagat Samagram ini lebih meningkatkan kemampuan bagi para anggota Pramuka. Kelak anggota Pramuka ini akan dilatih kemampuan dalam bidang SAR," katanya, Selasa (10/10/2017) saat ditemui diruangannya, di Kantor SAR Jalan Adi Sucipto Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya.

Dalam prakteknya nanti, para anggota pramuka ini dapat bermanfaat saat terjadi keadaan yang membahayakan jiwa atau terjadi musibah.

(Baca: KPU Mempawah Buka Penerimaan Anggota PPK, Catat Jadwalnya! )

Dapat mengatasi baik bagi diri sendiri maupun sebagai penolong, adik-adik nanti jika diperlukan dalam pelaksanaan operasi SAR.

"Jangan Sungkan jika diperlukan oleh kakak-kakaknya di Kantor SAR Pontianak kita disini akan membimbing adik-adik untuk melaksanakan operasi SAR tentunya dengan prosedur yang berlaku" ujar pria kelahiran Palembang.

Sedangkan Kepala Kwartir Cabang Kota Pontianak Mahdi menyambut baik terbentuknya Gugus depan Avignam Jagat Samagram Ini.

(Baca: Kak Seto Sambangi Anak-anak di Landak, Ini Suasananya )

"Kami Pengurus Gerakan Pramuka Cabang Kota Pontianak menyambut baik dengan terbentuknya Gugus depan ini diharapkan Kerjasama Antara Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan ( Kantor SAR Pontianak ) dan Kwartir Cabang Kota Pontianak dapat terus ditingkatkan dan menjadi mentor bagi adik-adik kami dalam kemampuan Pencarian dan pertolongan," ujarnya.

Kegiatan pembentukan berlangsung di aula Kantor SAR Pontianak, dihadiri para pejabat, pegawai, pengurus Kwartir Pramuka serta adik-adik Pramuka Cabang Kota Pontianak, Senin (9/10/2017).

Acara dimulai dengan pelantikan pengurus serta dilanjutkan dengan Penandatanganan Surat Keputusan 01 Tahun 2017 tentang disahkannya pembentukan Gugus Depan Avognam Jagat Samagram ini berlangsung khidmat

"Pembentukan Gugus depan Avignam Jagat Samagram ini penting sekali dilakukan sejak dini. Sebab para anggota Pramuka kelak akan dibekali kemampuan untuk teknik Pencarian dan pertolongan dimana nantinya akan sangat mendukung dan selaras dengan tugas dan Fungsi Gerakan Pramuka itu sendiri dan tidak menutup kemungkinan juga diturunkan dalam pelaksanaan operasi SAR sesuai Kualifikasi yang ada," pungkasnya.

Pembentukan Gugus depan ini nantinya akan terus dilakukan diseluruh Indonesia dan Kalimantan.

Penulis: Madrosid
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved