Tingkatkan Pariwisata Melalui Gerakan Pramuka

Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Kalimantan Barat, Kartius mengatakan, pemuda dan pariwisata

Tingkatkan Pariwisata Melalui Gerakan Pramuka
TRIBUN PONTIANAK/STEVEN GREATNESS
Ilustrasi Pramuka 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Ridhoino Kristo Sebastianus Melano

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Kalimantan Barat, Kartius mengatakan, pemuda dan pariwisata ibarat mata uang, tanpa Pemuda pariwisata akan sulit, artinya sinergitas antara pemuda dan pariwisata itu sangat diperlukan.

Dinas telah membentuk Satuan Karya (Saka) Pariwisata di Kalbar. Hal yang mendasari terbentuknya karena mayoritas anggota Pramuka adalah para pemuda.

Jika para anggota ini jeli melihat potensi wisata yang ada di Kalbar, mereka bisa mempromosikan dengan online dan menjadi tour guide sehingga dapat memiliki penghasilan.

(Baca: Sutarmidji Belum Tentu Dukung Kandidat Wali Kota dari Partai Pengusungnya )

"Namun mampukah saat ini mereka berkiprah di dunia itu? Belum mampu maka akan coba kita bina melalui Saka Pariwisata ini," katanya, Sabtu (7/10/2017).

(Baca: Ternyata Ini Alasan Midji Pilih Duet Norsan Ketimbang Karolin )

Dengan terbentuknya Saka pariwisata ini diharapkan dapat membantu peningkatan Himpunan Pramusaji Indonesia (HPI) karena pariwisata akan terbentuk jika HPI dan seluruh infrastruktur pembangunan sudah diperbaiki.

"Kalau semua itu bisa bagus, pariwisata di Kalbar ini pasti akan maju. Contohnya wisata danau Sentarum mereka dapat mempromosikan melalui online, nah maka mereka bisa menjadi guide nya," tuturnya.

(Baca: Temukan Harta Karun di Dirimu )

Ia menuturkan kehadiran Anggota Saka Pariwisata ini nantinya akan dibina untuk dapat menguasai jarak tempuh ke tempat tujuan dari pusat kota, begitu juga kulinernya, termasuk suasana dan lingkungan.

"Itu lah yang harus dikuasai oleh anggota Pramuka untuk menjual pariwisata yang ada di Kalimantan Barat, kalau itu mampu dijual mereka yang tadinya tidak ingin datang ke Kalbar jadi mau," tuturnya.

(Baca: Kamu Wajib Tahu! 5 Tips Umrah dari Kantor Kementerian Agama Pontianak )

Peran dinas dalam mendukung kegiatan kepramukaan ini dengan memberikan fasilitas yang diperlukan anggota.

"Jika perlu sertifikat kita kursuskan kita beri bimbingan teknologi untuk mendapat sertifikat anggota HPI kalau tanpa sertifikat masyarakat juga tidak percaya maka akan terus diperhatikan," pungkasnya.

Penulis: Ridhoino Kristo Sebastianus Melano
Editor: Nasaruddin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved