Bukti Presiden Soekarno Pernah ke Pontianak, Pesawatnya Mendarat di Daerah Ini

Presiden Soekarno pun disambut dengan bendera merah putih yang terpasang rapi dan masyarakat mengenakan pakaian khas Dayak.

Bukti Presiden Soekarno Pernah ke Pontianak, Pesawatnya Mendarat di Daerah Ini
net
Presiden Pertama RI, Soekarno. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Ridho Panji Pradana

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Presiden pertama Republik Indonesia (RI), Soekarno yang memimpin Indonesia pada periode 1945–1966 ini ternyata pernah berkunjung ke Pontianak, Kalimantan Barat.

Kunjungan tersebut terjadi pada 25 Maret 1961 dan disambut langsung Gubernur Kalbar saat itu,  JC Oeevang Oeray.

(Baca: Terungkap! Inilah Pidato Soeharto saat Evakuasi Jenazah Para Jenderal dari Lubang Buaya )

Mengenakan peci hitam khas yang selalu dipakainya, dibalut dengan jas dan kacamata, Bung Karno tampak bersalaman dengan Gubernur ketiga Kalbar, JC Oeevang Oeray yang menggunakan pakaian bewarna putih berdasi di dalamnya.

Bahkan, Sang Proklamator yang dikenal banyak memainkan peranan penting dalam memerdekakan bangsa ini dari penjajahan Belanda memegang payung sendiri dan berjalan berdampingan dengan Gubernur Kalbar.

(Baca: Anak Presiden Jokowi Kuliah di Singapura, Kaesang Pernah Hanya Bisa Makan Mie Instant, Ini Sebabnya )

Ayah Presiden RI ke-5 Megawati Soekarno Putri tersebut disambut di Airport Sungai Durian, kini berganti nama menjadi Bandara Internasional Supadio.

Hal ini, diketahui dari foto di rumah kemenakan langsung  JC Oevaang Oeray yang terletak di dekat Kantor Wakil Wali Kota Pontianak.

Pada foto yang telah diambil pada tahun 1961 ini, Presiden Soekarno pun disambut kibaran bendera merah putih yang terpasang rapi dan masyarakat mengenakan pakaian khas Dayak.

Penulis: Ridho Panji Pradana
Editor: Marlen Sitinjak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved