Mahasiswa Mempawah Timba Ilmu di Amerika. Farihatul: Setiap Orang Bisa Lakukan Perubahan

Amherst adalah salah satu kota di Massachusetts yang berada di kawasan New England, dimana saya akan tinggal dan belajar tentang Civic Engagement

Mahasiswa Mempawah Timba Ilmu di Amerika. Farihatul: Setiap Orang Bisa Lakukan Perubahan - mahasiswa-mempawah_20170928_215354.jpg
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
Farihatul Qamariyah mahasiwa asal Kabupaten Mempawah menimba ilmu di University of Massachusetts (UMass), Amherst melalui program Young Southeast Asian Leaders Initiative (YSEALI) di Amerika Serikat,
Mahasiswa Mempawah Timba Ilmu di Amerika. Farihatul: Setiap Orang Bisa Lakukan Perubahan - mahasiswa-mempawah_20170928_215633.jpg
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
Farihatul Qamariyah mahasiwa asal Kabupaten Mempawah bersama rekan-rekannya yang menimba ilmu di University of Massachusetts (UMass), Amherst melalui program Young Southeast Asian Leaders Initiative (YSEALI) di Amerika Serikat.

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Stefanus Akim

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Selama empat pekan Farihatul Qamariyah mahasiwa asal Kabupaten Mempawah menimba ilmu di University of Massachusetts (UMass), Amherst.

Lolos program Young Southeast Asian Leaders Initiative (YSEALI) di Amerika Serikat, ia menuliskannya untuk pembaca Tribun Pontianak. 

"Massachusetts Welcomes You", begitulah tulisan yang tertera di plang pembatas negara bagian setelah meninggalkan Bradley International Airport di Connecticut dan menuju ke Amherst.

Amherst adalah salah satu kota di Massachusetts yang berada di kawasan New England, dimana saya akan tinggal dan belajar tentang Civic Engagement selama 5 (lima) pekan di University of Massachusetts (UMass). 

(Baca: Pendiri Majalah Playboy Meninggal Dunia, Selebritas Dunia Ucapkan Belasungkawa )

Kesan pertama ketika menginjakkan kaki di Negeri Paman Sam ialah menyaksikan langsung pemandangan yang khas seperti yang ditampilkan di film-film Hollywood, perumahan kayu yang berjejer di sepanjang jalan dengan cerobong asap di bagian atap, kotak surat di depan rumah, posisi menyetir mobil di sebelah kiri, penanda jalan dan pepohonan yang daun-daunnya mulai berubah warna menjadi kekuningan karena pergantian musim. 

Rasa lelah setelah menempuh perjalanan selama 32 jam dari Jakarta dengan dua kali transit di Hongkong dan Los Angeles sedikit berkurang karena penjemputan dan penyambutan yang sangat baik dan ramah para mentor dan dosen dari Civic Initiative, Donahue Institute, UMass Amherst kepada saya dan tiga delegasi Indonesia lainnya setibanya kami di lokasi. 

Program YSEALI Civic Engagement di University of Massachusetts, Amherst yang dikenal sebagai kampus negeri terbesar di kawasan New England dengan tingkat riset akademik tertinggi, hanya dilaksanakan di fall session, berbeda dengan beberapa host kampus lainnya yang juga dilaksanakan di spring session.

YSEALI adalah Young Southeast Asian Leaders Initiative, adalah sebuah program yang diprakarsai Barack Obama pada 2013.

Halaman
123
Penulis: Stefanus Akim
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved