Citizen Reporter

Mahasiswa Pendidikan Sejarah IKIP PGRI Pontianak Terbitkan buku Cerita Rakyat Kalbar

Mahasiswa pendidikan sejarah IKIP PGRI Pontianak, yang tergabung dalam komunitas Satu Paragraf melaunching buku pertama nya.

Mahasiswa Pendidikan Sejarah IKIP PGRI Pontianak Terbitkan buku Cerita Rakyat Kalbar
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
Mahasiswa pendidikan sejarah IKIP PGRI Pontianak, yang tergabung dalam komunitas Satu Paragraf melaunching buku pertama nya. 

Citizen ReporterHera
Anggota Kominitas Satu Paragraf (Sapa)

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Halaman Yudisial Kopi tampak lebih ramai dari biasanya. Dari banner yang dipajang oleh panitia diketahui bahwa akan dilaksanakan peluncuran buku dan diskusi, Selasa (26/9/2017) malam.

Mahasiswa pendidikan sejarah IKIP PGRI Pontianak, yang tergabung dalam komunitas Satu Paragraf melaunching buku pertama nya.

Bertajuk "Buku Cerita rakyat Kalimantan Barat, Anak Umang dan Kunang-kunang."

Acara berlangsung di Yudisial Kopi Jalan Irian nomor 41 Pontianak. Launching buku dikemas dengan acara diskusi, pembacaan cerita dan akustik-an.

(Baca: Baju Ikeh Pontianak - Curhatan Owner Percetakan Deepositive Bikin Sedih )

Dipandu oleh Desi Wulandari dan dimoderatori oleh Annisa Janursi. Diskusi bertema "Menyoal Tradisi Lisan dalam tulisan & Cerita Rakyat" diisi oleh  Yuver Kusnoto dan Basuki Wibowo.

Pertama dibuka dengan pembacaan cerita Anak Umang dan Kunang-kunang oleh Wildan. Kemudian disambung dengan penyampaian sekilas tentang Satu Paragraf.

Acara berlangsung seru. Moderator dan pemateri berhasil memantik suasana. Diskusi mini langsung  ditanggapi oleh peserta. Di antaranya Ricky Astriadi yang juga guru IPS di SMP Bumi Khatulistiwa dan Bu Sukarni guru Kimia yang juga penulis buku hipotesis cintaku.

Seperti yang disampaikan oleh pemateri diskusi, diharapkan pendokumentasian Cerita Rakyat oleh mahasiswa pendidikan Sejarah ini bisa menjadi gerakan bersama dalam pelestarian nilai dari tradisi lisan, khususnya milik masyarakat Kalimantan Barat.

Suasana makin semarak dengan penampilan dari Antara Band, yang tampil menyanyikan lagu-lagu daerah Kalbar. 

Acara malam itu ditutup dengan peluncuran buku secara simbolis oleh para penulis. 

Penulis: Hamdan Darsani
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved