Pemerintah Desa Lubuk Dagang Gelar Musdes, Ini Permasalahan yang Dibahas

Setelah pelaksanaan Musdes ini, nantinya pada tahun 2018 selanjutnya akan diadakan Musrenbang.

Pemerintah Desa Lubuk Dagang Gelar Musdes, Ini Permasalahan yang Dibahas
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ TITO RAMADHANI
Sekitar 48 orang dari berbagai latar belakang menghadiri Musyawarah Desa (Musdes) di Balai Desa Lubuk Dagang, di Jalan Dagang Barat, Desa Lubuk Dagang, Kecamatan Sambas, Selasa (26/9/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Tito Ramadhani

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SAMBAS  - Sekitar 48 orang dari berbagai latar belakang menghadiri Musyawarah Desa (Musdes) di Balai Desa Lubuk Dagang, di Jalan Dagang Barat, Desa Lubuk Dagang, Kecamatan Sambas, Selasa (26/9/2017).

"Sekitar 48 orang yang hadir. Ada Camat Sambas, warga, kepala dusun, RT/ RW, BPD, kelompok tani, juga ada tokoh agama dan pemuka masyarakat, Bhabinkamtibmas dan ibu-ibu PKK," ungkap Yudi, Kepala Desa Lubuk Dagang disela-sela kegiatan, Selasa (26/9/2017).

Lanjutnya, sebelum pihaknya menggelar Musdes tersebut, dua bulan yang lalu pihaknya sudah terlebih dahulu menggelar Musyawarah Dusun (Musdus) di empat dusun di wilayah Desa Lubuk Dagang, yakni Dusun Dagang Timur, Dusun Dagang Barat, Dusun Lubuk Lagak dan Dusun Sebenua.

"Jadi semua hasil dalam Musdus itu dibawalah ke dalam rapat Musdes kali ini. Pertama kami membahas bidang pemerintahan, kemudian bidang pembangunan, lalu bidang pembinaan dan bidang pemberdayaan. Ini yang nanti akan menjadi acuan kami dalam pembangunan di tahun 2018," jelasnya.

Baca: Kasus Penikaman di Hotel Pontianak, Polisi Ungkap Fakta yang Mengejutkan

Yudi menerangkan, Tim Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Desa yang nantinya akan menyusun rencana kerja, sesuai dengan berapa pagu dana yang masuk di Desa Lubuk Dagang.

"Setelah pelaksanaan Musdes ini, nantinya pada tahun 2018 selanjutnya diadakan Musrenbang.  Setelah Musrenbang di desa, diteruskan ke Murenbang di kecamatan. Kalau Musrenbang itu kan istilahnya pembangunan yang tidak terbiayai oleh Dana Desa. Yang mana kewenangan kabupaten itulah nanti yang akan diangkat di Musrenbang," sambungnya.

Penulis: Tito Ramadhani
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved