Citizen Reporter

Krido Taruno Gelar Pentas Seni Kuda Lumping di Seluang Kelurahan Mayasopa

Kelompok kesenian tradisional kuda Lumping "Krido Taruno" yang ada di kelurahan Mayasopa kecamatan Singkawang Timur menggelar pentas seni

Krido Taruno Gelar Pentas Seni Kuda Lumping di Seluang Kelurahan Mayasopa
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
Kelompok kesenian kuda lumping Krido Taruno sedang beratraksi di Mayasopa memperingati tahun baru Hijrah, Kamis (21/9/2017). 

Citizen Reporter
Santoso
Anggota Kuda Lumping Krido Taruno

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINGKAWANG - Kelompok kesenian tradisional kuda Lumping "Krido Taruno" yang ada di kelurahan Mayasopa kecamatan Singkawang Timur menggelar pentas seni kuda lumping di Seluang, Kelurahan Mayasopa, Kamis (21/9/2017).

Kegiatan ini guna memeriahkan tahun baru muharram di Kelurahan Mayasopa tentunya.

"Menyambut tahun baru Hijriah ini kami sengaja mementaskan seni kuda lumping di Kelurahan Mayasopa ini, tentu agar lebih meriah," ujar Santoso.

Selain memeriahkan tahun baru muharram digelarnya pentas seni kuda lumping tersebut juga diakuinya bertujuan untuk melestarikan budaya tradisional.

"Kesenian ini hampir punah tergerus zaman karena itu kami gelar lagi agar masyarakat mengetahui seni ini. Dan untuk mengajak generasi pemuda agar lebih mencintai budaya tradisional salah satunya kesenian kuda Lumping," lanjutnya.

(Baca: Satlantas Polres Singkawang Komit Tingkatkan Pelayanan di Hut ke-62 )

Tentunya tak ingin lagi budaya bangsa di klaim negara tetangga maka perlu kiranya para pemuda untuk aktif menjaganya. Tentu dengan cara ikut serta mengetahui dan mengaplikasikan kebudyaaan tersebut.

"Karena pemuda/i lah harapan bangsa yang wajib menjaga budaya-budaya yang ada di Indonesia. Jangan setelah di klaim negara tetangga baru marah-marah padahal sehari-hari kita tidak pernah tau apalagi mengaplikasikan kebudayaan tersebut," tutupnya.

Penulis: Try Juliansyah
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved