Kejari Pelajari Berkas Perkara Dugaan Korupsi Kabid Pariwisata Ketapang

Berkas perkara tahap satu tersangka atas nama Sonlie sudah kita terima dari penyidik Polres Ketapang belum lama ini.

Kejari Pelajari Berkas Perkara Dugaan Korupsi Kabid Pariwisata Ketapang
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/SUBANDI
Tim Kuasa Hukum Sonlie tersangka kasus korupsi Disdik Ketapang pada 2011 saat wawancarai awak medi di kantornya, Jumat (22/9/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Subandi

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KETAPANG – Terkait dugaan korupsi Dana Alokasi Khusus (DAK) Rp 33,4 miliar di Dinas Pendidikan (Disdik) Ketapang 2011 silam. Kejaksaan Negeri (Kejari) Ketapang sudah menerima satu berkas perkara tersangka dari Kepolisian atas nama Sonlie.

“Berkas perkara tahap satu tersangka atas nama Sonlie sudah kita terima dari penyidik Polres Ketapang belum lama ini,” kata Plh Kejari Ketapang, Agus Suroto melalui Kasi Pidsusnya, Zulkhaidir kepada wartawan di Ketapang, Jumat (22/9).

Sesuai aturan pihaknya ada waktu tujuh hari sejak untuk meneliti dan mepelajari secara formil dan materil berkas sejak diterima.

(Baca: Kejari Terima Berkas Perkara Kasus Korupsi Kabid Pariwisata Ketapang )

Kemudian menentukan apakah berkas dinyatakan lengkap atau perlu dilengkapi lagi oleh penyidik Polres Ketapang.

“Jadi Senin nanti (25/9-red) akan kita sampaikan hasil penelitian terhadap berkas itu. Jika belum lengkap maka akan kita kembalikan kepada penyidik. Serta memberikan pentunjuk-petunjuk untuk penyempurnaan berkasnya,” ungkapnya.

Sedangkan jika berkas tersebut sudah dinyatakan lengkap. Maka pihaknya akan langsung menyatakan P21 pada kasus tersebut. Kemudian pihak penyidik tinggal menyerahkan tersangka beserta barang bukti kepada pihaknya.

Setelah itu pihaknya akan menyusun surat dakwaan dan tersangka bisa tidak ditahan atau langsung diatahan. Penahanan tentu akan menyesuaikan dengan berapa ancaman hukuman terhadap tersangkat tersebut.

“Jadi kita lihat hasil penelitian dan pemeriksaan berkas perkara yang ada dahulu. Sebab kita harus benar-benar yakin dan siap sebelum perkara dilimpahkan,” ucapnya.

Ia menambahkan terkait apakah aka nada tersangka lain pada kasus ini. Menurutnya hal itu merupakan kewenangan penyidik Polres Ketapang. “Jadi pihak Polres Ketapang yang berhak memeriksa apakah ada keterlibatan pihak lain atau tidak,” tuturnya.

Penulis: Subandi
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved