Pemilik Apotek Dukungan Pemkab Sekadau Antisipasi Peredaran Obat Ilegal

Kami mendatangkan obat dari distributor resmi, kami buatkan surat permintaan dikirim ke Pontianak, diterima, diproses baru obatnya dikirim.

Pemilik Apotek Dukungan Pemkab Sekadau Antisipasi Peredaran Obat Ilegal
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/RIVALDI ADE MUSLIADI
Pemilik Apotik Bintang Timur Sekadau, dr Iswandi. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Rivaldi Ade Musliadi

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SEKADAU - Pemilik apotik Bintang Timur dr Iswandi mengatakan, pihaknya sangat mendukung dinas terkait yang melakukan sidak guna mengantisipasi peredaran obat ilegal di Sekadau.

Ia juga mengatakan, pihaknya sangat terbantu dengan adanya sidak tersebut. Sebab, kata dia, bila terjadi penyalahgunaan obat-obatan tentunya akan berdampak bagi masyarakat, termasuk kepada anak-anak.

“Kami mendatangkan obat dari distributor resmi, kami buatkan surat permintaan dikirim ke Pontianak, diterima, diproses baru obatnya dikirim. Kalau mereka tidak terima surat permintaan tidak bisa,” ujarnya kepada Tribun usai sidak, Selasa (19/9/2017).

(Baca: Antisipasi Peredaran Pil PCC, Tim Gabungan Sidak Toko Obat dan Apotek di Sekadau )

Iswandi juga menjelaskan, pada dasarnya paracetamol dan cafein juga terkandung dalam bodrex. Hanya saja, kata dia, yang menjadi masalah dan dinilai berbahaya adalah carisoprodol.

“PCC penyalahgunaan yang bermasalah, dan efeknya lebih kepada stimulan. Untuk medis memang kegunaannya ada banyak,” tuturnya.

Terpisah, Kapolsek Sekadau Hilir IPTU Masdar menuturkan, pihaknya juga menyasar sejumlah toko obat di Kecamatan Sekadau Hilir. Dari hasil pengecekan itu, kata dia, tidak ditemukan PCC yang dijual di toko obat.

“Ini untuk mencegah peredaran PCC dan bahan lainnya,” bebernya.

Masdar menuturkan, pihaknya juga mengimbau kepada pemilik toko obat agar tidak menjual obat yang kadaluarsa. Hal ini, kata dia, untuk mencegah terjadinya sesuatu yang tidak diinginkan.

“Dari pengecekan yang kami lakukan tidak ditemukan adanya PCC yang beredar di wilayah hukum Polsek Sekadau Hilir,” pungkasnya.

Penulis: Rivaldi Ade Musliadi
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved