Usia Bukan Penghalang Shihan David Raih Dan VI

David Rusmanto Lembaga Karatedo Indonesia (Lemkari) Kalbar kini memiliki Dan VI

Usia Bukan Penghalang Shihan David Raih Dan VI
TRIBUNPONTIANAK/ZULKIFLI
Guru Besar PB Lemkari Shihan David Rusmanto 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Stefanus Akim

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Lembaga Karatedo Indonesia (Lemkari) Kalbar kini memiliki Dan VI.

Penyandangnya adalah Shihan David Rusmanto. David Rusmanto menyandang gelar tersebut bersama lima karateka lainnya dari Indonesia, yakni Rossi Nurasjati, Khoiril Manam, Nuke Isnuari, dan Ragil Srijati.

Untuk mendapatkan Dan VI, para karateka tersebut harus menghadapi tim penguji yang terdiri dari Shihan Erwin Rofiq, Shihan Gustav, dan Shihan Willem Mantiri yang merupakan pemegang Dan VIII Japan Karate Assosiation (JKA).

(Baca: Bank Sampah Rosella, Sulap Limbah Jadi Rupiah )

Ujian diselenggarakan di Semarang pada September 2017 lalu. Adapun materi yang diuji selain teori berupa makalah juga aplikasi praktik langsung. "Puji Tuhan, kami berlima lulus dalam ujian DAN VI," ujar Shihan David Rusmanto.

Usia lanjut tidak menghalanginya untuk menggapai cita-cita. Apalagi ada karateka panutan seperti Shihan Willem Mantiri dalam usianya 60 masih mampu menjadi Juara 2 Dunia untuk kelas komite veteran usia 56-60 tahun.

(Baca: Drama MotoGP Misano, Nomor 4 Bikin Penasaran )

Shihan David Rusmanto juga mengatakan bahwa Shihan Kornelis yang beberapa bulan lalu mengikuti ujian DAN V di Surabaya lulus dalam seleksi Dewan Guru.

"Shihan Kornelis akan menaungi zone Kalimantan yang meliputi Kalbar, Kalsel, Kaltim, Kalteng dan Kaltara. Ini dikarenakan Dewan Guru Lemkari untuk seluruh Indonesia hanya ada 15 orang," ungkap David.

Mereka dibawah komando Ketua Dewan Guru Shihan Williem Mantiri dan Wakil Ketua Dewan Guru Shihan Gustav.

(Baca: Buat Paspor Gunakan Aplikasi, Begini Tanggapan Founder 8Bit )

Ketua Harian Pengda Lemkari Kalbar yang juga Bendahara Umum PB Lemkari Br Stephanus Paiman OFM Cap mengatakan Kalbar harus bangga dan sekaligus harus menunjukkan tanggung jawab yang diberikan Lemkari Indonesia.

"Kita bangga karena diberi kepercayaan oleh PB Lemkari untuk ikut membantu mengembangkan Lemkari. Namun sekaligus kita dituntut untuk menunjukkan loyalitas dengan kinerja yang baik hingga cita-cita Kongres Luar Biasa di Surabaya yakni Lemkari Bangkit dan Lemkari Jaya tidak hanya wacana, tapi dapat diwujudnyatakan," kata Stephanus Paiman.

Penulis: Stefanus Akim
Editor: Nasaruddin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved