Lewat PLN Mobile, Pelanggan Bisa Cek Tagihan hingga Lapor Gangguan Listrik

Pelanggan juga dapat menyampaikan keluhan atas gangguan kelistrikan yang terjadi lewat aplikasi ini.

TRIBUN PONTIANAK/NINA SORAYA
GM PLN Wilayah Kalbar Richard Safkaur menunjukkan aplikasi PLN Mobile yang terpampang di banner. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - PLN Mobile sebagai aplikasi berbasis Android terus melakukan peningkatan kualitas dari sisi layanan dan penggunaan yang lebih user friendly.

Aplikasi yang sudah ter-download oleh lebih dari 100.000 pengguna ini memiliki fitur yang dapat memudahkan pelanggan untuk mengakses layanan listrik dalam satu genggaman.

Dengan PLN MOBILE, pelanggan lebih mudah mendapatkan informasi dari fitur-fitur berikut:

  1. Cek tagihan dan riwayat token;
  2. Permohonan Pasang Baru, Perubahan Daya, Penyambungan Sementara; 
  3. Cek status pengaduan dan permohonan;
  4. Informasi tarif listrik terkini; 
  5. Berita terkini mengenai PLN
  6. Informasi pemeliharaan listrik; dan 
  7. Telepon Contac Center PLN 123 dengan Voice over Internet Protocol (VoIP).

"Sejak dirilis pada 31 Oktober tahun lalu, fitur-fitur pada aplikasi ini terus dikembangkan dan saat ini sudah masuk ke versi 2.1. dimana terdapat fitur baru bagi pelanggan yang dapat menghubungi customer service officer Contact Center PLN 123 tanpa melalui telfon rumah dan operator selular, namun dengan menggunalan Voice over Internet Protocol," ujar Kepala Satuan Komunikasi Korporat PLN I Made Suprateka, dalam rilisnya, Minggu (10/9/2017).

Selain itu, terdapat pula fitur info pemeliharaan di lokasi pelanggan yang terdampak. Pelanggan juga dapat menyampaikan keluhan atas gangguan kelistrikan yang terjadi lewat aplikasi ini.

"Satu akun PLN MOBILE bisa mendaftarkan maksimal 4 IDPEL, jadi bagi pelanggan seluruh golongan tarif bisa daftarkan IDPEL-nya dan segera memanfaatkan fitur-fitur di dalamnya. Pelanggan jadi bisa mengontrol tagihan listriknya secara remote," kata Made.

Aplikasi PLN MOBILE ini dapat diunduh pengguna smartphone Android melalui link https://goo.gl/6zXtBZ.

"Untuk pengguna iOS, sebentar lagi kita akan luncurkan dan segera menambah fitur-fitur lainnya yang lebih mutakhir sehingga dapat semakin memberikan kemudahan bagi pelanggan untuk melakukan transaksi," jelas Made.

Masih dalam semarak Hari Pelanggan Nasional, Hari Minggu (10/9), pada kegiatan Car Free Day (CFD), PLN di beberapa kota meramaikan jalanan dengan memberikan hiburan menarik bagi peserta Car Free Day.

Di Kalimantan Barat, kegiatan ini juga diselenggarakan oleh PLN Area Ketapang di Pasar Haji Sani, Area Singkawang di Taman Burung, Area Sanggau bersamaan dengan kegiatan Expo Keraton, juga di Rayon Sukadana, Sintang dan Entikong. Khusus di Pontianak, PLN akan membuka booth di halaman kantor PLN Area Pontianak di Jl Ahmad Yani pekan depan sejak pukul 06.00 WIB.

“Kegiatan ini merupakan media silaturahmi kami dengan pelanggan, kami harapkan dengan mendengarkan pelanggan akan menjadi masukan bagi kami untuk terus meningkatkan kualitas layanan. Minggu depan akan ada sosialisasi layanan PLN, senam bersama dan banyak hadiah menarik untuk peserta CFD yang hadir,” ucap GM PLN Kalbar, Richard Safkaur.

Lebih lanjut Richard juga menyampaikan bahwa PLN memberikan promosi gratis token listrik prabayar senilai Rp 20.000 bagi 100.000 pelanggan yang telah mengunduh aplikasi PLN MOBILE dan mengaktivasi akun pada aplikasi tersebut.

Promo ini berlaku bagi pelanggan listrik prabayar yang mengaktifkan aplikasi PLN MOBILE mulai dari 10 s.d. 30 September 2017. Informasi bahwa pelanggan menerima token listrik gratis pada menu Info PLN maksimal H+2 hari kerja setelah pengaktivasian.

“Ini merupakan apresiasi kami bagi pelanggan yang sudah mengunduh dan mengaktivasi PLN Mobile. Aplikasi ini memudahkan pelanggan untuk mengakses layanan listrik dalam satu genggaman dan sejak dirilis pada 31 Oktober yang lalu, hingga saat ini sudah terdownload oleh lebih dari 100.000 pengguna,” ungkap Richard.

Penulis: Nina Soraya
Editor: Steven Greatness
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved