Pemkab Alokasikan Anggaran Pengolahan Nanas

Bupati Mempawah Ria Norsan mengatakan pemerintah telah mengalokasikan anggaran Rp 500 juta untuk pengembangan pusat pengolahan nanas

Pemkab Alokasikan Anggaran Pengolahan Nanas
FADOLI BARBATHULLY/NOVA
Ilustrasi Olahan Nanas 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Hamdan

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, MEMPAWAH - Bupati Mempawah Ria Norsan mengatakan pemerintah telah mengalokasikan anggaran Rp 500 juta untuk pengembangan pusat pengolahan nanas di Desa Galang, Kecamatan Sungai Pinyuh.

“Nanti disana akan jadi pusat pelatihan dan diskusi bagi para petani nanas untuk budidaya dan pengolahan buah nanas menjadi produk baru yang bernilai ekonomi tinggi,” ujarnya, Selasa (5/9/2017).

(Baca: Maknai Sembahyang Arwah Sebagai Bakti Pada Leluhur )

Ia mengatakan saat ini sudah ada produk olahan dari bahan baku nanas oleh petani seperti sirop, dodol dan kerupuk nanas.

Namun hanya saja kemasan produk tersebut belum begitu bagus.

“Barang itu jika packingnya bagus dan baik nilai jualnya akan baik dan orang-orangpun akan tertarik untuk membeli,” ujarnya.

(Baca: Jadikan Nanas Produk Unggulan Mempawah )

Kedepan, Norsan mengatakan pihaknya akan mengupayakan untuk mengoptimalkan produk-produk olahan yang nanti diproduksi akan dikemas dengan packing yang baik.

“Persoalan lainya soal budidaya nanas yakni panen nanas oleh petani belum serentak. Oleh karena itu kedepan juga nanti akan diformulasikan agar seluruh petani nanas nanti dapat panen serentak,” ujarnya.

Penulis: Hamdan Darsani
Editor: Nasaruddin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved