Keberadaan Ruang Terbuka Hijau Bikin Udara Lebih Segar

Pohon-pohon dan tanaman ini kan bisa mengurangi polusi udara yang ada di Kota Pontianak. Apalagi sekarang kan makin banyak kendaraan.

Keberadaan Ruang Terbuka Hijau Bikin Udara Lebih Segar
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/WAHIDIN
Satu di antara warga Sungai Jawi, Budi (42) saat ditemui Tribun Pontianak di Jalan MT Haryono, Rabu (30/8/2017) pagi. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Wahidin

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Satu di antara warga Sungai Jawi, Budi (42) mengaku sangat nyaman dengan keberadaan pohon rindang dan berbagai tanaman hias di sekitar Jalan MT Haryono, Kota Pontianak saat menunggu anaknya yang bersekolah di SMP Mujahidin Pontianak.

Deretan pohon dan tanaman tersebut merupakan satu di antara ruang terbuka hijau (RTH) yang berada di median jalan Kota Pontianak.

"Enak kalau nunggu anak di sini. Pas di bawah pohonnya rindang, jadi kalau udara panas pun masih enak beteduh di bawah pohon," katanya kepada Tribun Pontianak, Rabu (30/8/2017) pagi.

Baca: Pemkot Pontianak Perbanyak RTH, Ini Penegasan Edi Kamtono

Menurutnya jika sebagian besar wilayah Kota Pontianak RTH nya di kelola seperti di Jalan MT Haryono tersebut, tentu akan membuat udara menjadi lebih segar.

"Pohon-pohon dan tanaman ini kan bisa mengurangi polusi udara yang ada di Kota Pontianak. Apalagi sekarang kan makin banyak kendaraan," katanya.

Kemudian ia sedikit menceritakan bahwa memang ada perbedaan jauh saat melalui daerah yang ada RTH dan yang tidak ada RTH nya.

"Pas lagi lewat Jalan Tanjungpura, apalagi siang-siang, macet, ditambah udaranya panas. Tapi kalau sudah masuk Jalan Imbon itu kan udaranya lebih sejuk karena banyak pohon," jelasnya.

Oleh karena itu, ia sangat setuju jika lokasi jalan yang tidak ada RTH nya segera dikelola. Sehingga Kota Pontianak menjadi kota yang lebih sejuk.

"Biar kota kita tidak sampai sepanas ini. Jadi mau jalan pakai motor enak misalnya banyak pohon rindang di sepanjang jalan atau tanaman di sisi jalan," pungkasnya.

Penulis: Wahidin
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved