Update Terakhir, Sudah 238 ATM di Kalbar Berhasil Ditangani

Update terakhir untuk di Kalbar yang berhasil diatasi sebanyak 238 ATM. Sehingga yang masih gangguan tinggal 60 ATM.

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/MASKARTINI
Pegawai Bank Kalbar melakukan uji coba, Bank Kalbar mengaku ATM Bank Kalbar tanpa gangguan 

Laporan Wartawati Tribun Pontianak, Maskartini

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Gangguan yang terjadi pada layanan satelit Telkom yang menyebabkan 298 Automatic Teller Machine (ATM) terganggu transaksinya belum sepenuhnya pulih.

Kepala Perwakilan Wilayah (KPw) Bank Indonesia (BI) Provinsi Kalbar, Dwi Suslamanto per Selasa sebanyak 60 ATM masih mengalami kendala.

Saat ini ia mengatakan Bank Indonesia, Perbankan dan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) sedang melakukan perbaikan terkait gangguan yang laporannya sudah diterima sejak Jumat.

"Update terakhir untuk di Kalbar yang berhasil diatasi sebanyak 238 ATM. Sehingga yang masih gangguan tinggal 60 ATM," ujar Dwi pada Selasa (29/8/2017).

(Baca Juga: Satelit Telkom 1 Ganguan, Atm BRI di Mempawah Tetap Berfungsi

Senin (27/8/2017) Dwi menyebut kurang lebih 298 ATM di Kalbar terkena dampak gagalnya satelit telkom 1. Namun sejak kemarin proses recovery sudah berlangsung. Dwi juga mengajak nasabah yang mendapati ATM gangguan beralih ke ATM bank yang tidak mengalami masalah.

"Saat ini on progress, tetapi jumlah yg bermaslah terus berkurang. Jika jam 5 pagi ATM yang mengalami gangguan mencapai 60 ATM, saat ini gangguan sudah dibawah 50 persen. InsyaAllah aman, tidak usah khawatir. Hari ini mungkin semua ATM sudah bisa operasional, karena bank sudah melakukan mitigasi sejak hari Jumat lalu, " ujarnya

Ia kembali menegaskan bahwa sistem pembayaran berbasis non tunai di loket Bank Indonesia lancar tidak ada kendala. "Jadi masyarakat tidak usah panik, karena bank sudah menyiapkan contigency plannya," ujarnya.

Penulis: Maskartini
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved