NasDem Usung Sutarmidji di Pilgub Kalbar, Ini Analisa Pengamat

Walau dibesarkan oleh PPP tapi saya rasa ada pertimbangan penilaian nasionalis mengusung Sutarmidji untuk jadi cagub.

NasDem Usung Sutarmidji di Pilgub Kalbar, Ini Analisa Pengamat
TRIBUNPONTIANAK/Ridho Panji Pradana
Pengamai Politik Universitas Tanjungpura, Jumadi 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Listya Sekar Siwi

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Pengamat Politik Untan, Jumadi sudah memastikan Partai Nasdem yang sudah memastikan akan mengusung Sutarmidji sebagai Calon Gubernur Kalbar tahun 2018 mendatang.

 "Saya pikir, pertama tentu sebagai partai nasionalis dan partai baru, Nasdem melihat kinerja prestasinya Sutarmidji. Ini menjadi satu di antara teropong politik Nasdem sehingga menjatuhkan pilihannya ke midji," terang Jumadi, Sabtu (19/8/2017).

Kedua, lanjut Jumadi hasil dari berbagai survei karena memang popularitas tidak selalu linier dengan elektabilitas apalagi ini election pemilihan langsung oleh rakyat. Di mana kredibilitas itu signifikan.

(Baca: Dukung Gowes Pesona Nusantara, Ini yang Dilakukan Komunitas Sepeda di Pontianak

Ketiga, sebagai pemimpin nasionalis. Walau dibesarkan oleh PPP tapi saya rasa ada pertimbangan penilaian nasionalis mengusung Sutarmidji untuk jadi cagub.

"Soal apakah terburu, ini relatif. Setiap partai punya otoritas sendiri dalam tahap proses rekruitmen. Tak hanya di Kalbar, tapi juga di Jawa Barat, Jawa Timur, dan beberapa daerah lainnya. Beberapa partai juga sudah tegas dan lugas soal calonnya," tambah Jumadi.

"Saya rasa ini sebuah dinamika politik yang dibangun, dan merupakan magnet politik. Mengenai dukungan partai koalisi, pilkada pilpres saja tidak selalu linier. Koalisi pusat parlemen dengan dukungan pilkada juga tidak selalu linier, misalnya dukung Jokowi tapi tidak ke Ahok," tambahnya.

Penulis: Listya Sekar Siwi
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved