Distanak Kayong Utara Lakukan Pengecekan Kesehatan Hewan Kurban

Menjelang Idul Adha tahun 2017 ini kita sudah memepersiapkan tim untuk pemeriksaan hewan di setiap Kecamatan se-Kayong Utara.

Laporan Wartawan Tribun Pontianak Muhammad Fauzi

TRIBUNPONTIANAK. CO. ID, KAYONG UTARA - Menjelang Idul Adha 2017 Pemerintah Daerah Kabupaten Kayong Utara, melalui Dinas Pertanian dan Peternakan telah melakukan pengecekan kesehatan terhadap sejumlah hewan qurban guna kelancaran hari besar islam tersebut.

Dikatakan Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Kayong Utara Agus Nugraha, menjelang Idul Adha 2017, pihaknya telah melakukan pengecekan kesehatan terhadap sejumlah hewan qurban yang telah disiapkan untuk masyarakat. Untuk pengecekan tersebut, sambung dia dengan membentuk tim dan diterjunkan ke setiap Kecamatan yang ada di Kayong Utara.

“Menjelang Idul Adha tahun 2017 ini kita sudah memepersiapkan tim untuk pemeriksaan hewan di setiap Kecamatan se-Kayong Utara, dan itu sudah dibuatkan SK nya. Dan untuk data hewan kurban juga kita sudah ada,"terangnya, saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu(16/8/2017).

(Baca Juga: Jelang Pilkada 2018, Baru 60 Persen Warga Kayong Utara Yang Miliki e-KTP

Dijelaskannya, untuk hewan qurban sendiri saat ini dapat dikatakan cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat pada Idul Adha nanti. Selama ini, lanjut dia untuk Kabupaten Kayong Utara tidak pernah mendatangkan hewan qurban baik hewan sapi ataupun kambing guna memenuhi kebutuhan pada saat Idul Adha.

"Hewan qurban, baik sapi dan kambing tahun ini, Alhamdulillah cukup. Karena setiap tahun kita tidak pernah mengalami kekurangan baik itu sapi ataupun kambing. Dan selama ini kita juga tidak pernah mendatangkan hewan qurban dari daerah lain,"terangnya lagi.

Untuk Kayong Utara sendiri, lanjut dia diperkirakan berdasarkan data yang ada lebih dari 100 hewan."Stok yang ada sudah dilaporkan kurang lebih sekitar 100 an hewan kurban. Bahkan di perkirakan lebih, karena belum lagi ditabah hewan qurban dari perkebunan kelapa sawit, saya yakin disana juga cukup banyak,"ungkapnya.

Penulis: Muhammad Fauzi
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved