Pariwisata Bisa Jadi Rumah Besar Semua Sektor

Pengamat Ekonomi Universitas Tanjungpura Pontianak Dr M Irfani Hendri SE MSi mengatakan pariwisata bisa menjadi rumah besar mengangkat sektor lain

Pariwisata Bisa Jadi Rumah Besar Semua Sektor
Tribun Pontianak/Maskartini
Pesona Pantai Temajuk 

Laporan Wartawati Tribun Pontianak, Maskartini

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Pengamat Ekonomi Universitas Tanjungpura Pontianak Dr M Irfani Hendri SE MSi mengatakan pariwisata bisa menjadi rumah besar untuk mengangkat sektor lainnya seperti perhotelan, rumah makan, pertanian, UMKM dan semua sektor. Ia mengatakan Kalbar mempunyai potensi alam yang sangat luar biasa terutama pariwisata. 

"Saya melihat sektor pariwisata bisa menjadi gerbong untuk meningkatkan semua sektor. Kenapa kita tidak menjadikan pariwisata sebagai rumah besar bagi UMKM, dimana disitu ada sektor pertanian, jasa dan sebagainya sehingga ada lokomotif yang lebih kuat," Irfani pada Selasa, (8/8/2017).

Untuk mewujudkannya kata Irfani diperlukan langkah konkrit dari berbagai pihak dan dukungan dari pemerintah. "Kita bisa memulai pengelolaan kawasan wilayah di Kalbar melalui pariwisata dengan konsep border tourism. Trans wisata sudah berkembang pesat dan saya melihat untuk potensi di Kalbar terutama di daerah perbatasan sangat besar. Kita harus bisa mengelola wilayah perbatasan di era tanpa batas,"ujar Irfani. 

Baca: Telok Atong Bahari Sediakan Sovenir Khas Temajuk

Irfani menilai sudah saatnya sektor pariwisata digalakkan terutama di daerah perbatasan yang menyimpan berjuta pesona wisata. "Dengan perkembangan teknologi semua menjadi mudah. Komunitas yang bermunculan dan menunjukkan eksistensi diri memudahkan pemerintah untuk memajukan wisata melalui apa, yaitu dukungan mereka untuk sektor ini,"ujar Irfani.

Pemerintah kata Irfani harus mendorong dengan penyediaan infrastruktur yang memadai. Ia optimis dengan pengembangan border tourism perbatasan bisa menjadi garda terdepan bukan terbelakang. Kedepan Irfani sangat berharap pemerintah melirik sektor pariwisata dan memaksimalkannya. 

Menurutnya pemerintah harus mempromosikan daerah potensial dikombinasikan ke pihak yang peduli terhadap wisata, baik swasta dan komunitas pariwisata. Era digital kata Irfani harus merubah meanset bahwa perbatasan bukan daerah pelosok dan terbelakang. Hanya dengan pariwisata bisa mengangkat daerah perbatasan dengan wisata perbatasan. 

"Untuk Kalbar sangat memungkinkan dengan potensi yang luas biasa. Kita lihat banyak sekali orang muda yang menggerakkan wisata. Artinya ada keinginan dari masyarakat untuk menggerakkan sektor ini, sehingga kerja pemerintah menjadi terbantu. Tinggal bagaimana pemerintah menjadi konduktor untuk mensinergikan antara satu dengan yang lain," ujarnya. 

Penulis: Maskartini
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved